Jalan Tol IKN Nusantara Sepanjang 47 Km Selesai Juli 2024

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 18/Janu/2024 08:43 WIB
Jalan Tol. (Ist) Jalan Tol. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat rampung tahun ini. Jokowi menargetkan jalan tol IKN yang menghubungkan Balikpapan dan IKN bisa selesai di April tahun ini.

"Jalan tolnya sepanjang 47 kilometer juga insyaallah di bulan Juli sudah selesai," kata Jokowi saat menghadiri groundbreaking Jambuluwuk Nusantara, Rabu (17/1/2024).

Baca Juga:
Akses Tol IKN Akan Rampung Agustus 2024, Begini Progresnya

Menurutnya, pembangunan jalan tol bisa selesai di bulan Juli karena perayaan HUT RI akan digelar di IKN untuk pertama kalinya tahun ini.

"Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Bakal Beroperasi Agustus 2024

Dalam catatan, per 11 November 2023, Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara atau IKN mengungkapkan progres pembangunan Jalan Tol IKN Nusantara Seksi 5A saat ini mencapai 61,34 persen.

Sementara, untuk seksi 3A mencapai 34,22 persen. Kemudian, progres Jalan Tol IKN Seksi 3B telah mencapai 42,67 persen.

Baca Juga:
Jalan Tol IKN Terapkan Teknologi Pengisian Daya Mobil Listrik

Anggota BUJT unsur masyarakat mewakili Kepala BPJT, Tulus Abadi, mengatakan pihaknya yakin dalam patokan target tersebut.

“Saya sudah lihat konstruksinya kemarin tapi masih tahap awal, tadi saya baca progresnya sudah 55,6 persen. Sehingga ditargetkan nanti April sudah bisa beroperasi,” katanya dalam acara diskusi Jalan Tol dan Jalan Daerah di kawasan Blok M, Jakarta, 16 November 2023.(fhm)