Jawab Nelayan, Menhub Konsolidasi Perbaikan Pelabuhan Perikanan di Lamongan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 21/Janu/2024 16:17 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi bersama stakeholder melakukan konsolidasi untuk memperbaiki Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, di Kabupaten Lamongan, Ahad (21/1/2024). Menhub Budi Karya Sumadi bersama stakeholder melakukan konsolidasi untuk memperbaiki Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, di Kabupaten Lamongan, Ahad (21/1/2024).

LAMONGAN (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama para pemangku kepentingan (stakeholder) melakukan konsolidasi untuk memperbaiki Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Ahad (21/1/2024).

Menhub Budi menjelaskan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, perlu kolaborasi dalam upaya memudahkan masyarakat nelayan, dalam mencari ikan, termasuk di Lamongan. 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

“Kami akan berkolaborasi bersama dengan Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Pelindo, dan terminal khusus (tersus) yang ada di sekitar Lamongan,” ujar Budi.

Pada 2021, Presiden Joko Widodo pernah mengunjungi Pelabuhan Brondong. Presiden menyanggupi permintaan para nelayan untuk dilakukannya pengerukan dan peninggian lampu haluan di pelabuhan tersebut.

Baca Juga:
Puncak Arus Balik, Pemerintah Tambah Jumlah Perjalanan Kapal dan Kapasitas Rute Panjang-Ciwandan

Menhub mengungkapkan, ada dua titik yang menjadi konsentrasi perbaikan yakni daerah kolam dan kali asin. Pihak Menhub bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meninjau dua titik tersebut.

Sebelumnya para nelayan di Lamongan menyampaikan adanya pendangkalan di pelabuhan sehingga menyulitkan kapal mereka untuk berlabuh. Untuk itu, para nelayan meminta dilakukan perbaikan dan pengerukan.

Baca Juga:
Pastikan Kelancaran Arus Balik, Kemenhub Siapkan Kapal Rute Panjang-Ciwandan 12-18 April 2024

Ketua Kelompok Nelayan Belimbing, Brondong Lamongan, Wahid, saat bertemu Menhub menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah yang akan melakukan perbaikan pelabuhan. 

“Semoga dengan adanya perbaikan, semakin memudahkan pergerakan kapal kami untuk mencari ikan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Menhub dan Bupati Lamongan juga membagikan life jacket dan paket sembako bagi nelayan di PPN Brondong. Turut hadir  dalam kegiatan ini Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priyadi. (fhm/omy)