Indonesia AirAsia Tambah Rute Baru Jakarta-Kota Kinabalu Sabah, Ini Jadwalnya!

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 27/Janu/2024 17:06 WIB
Foto:dok.AirAsia Foto:dok.AirAsia

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka mendorong konektivitas Udara dan Pariwisata antara Indonesia dan Malaysia, Maskapai Indonesia AirAsia, menambahkan rute internasional terbaru dengan penerbangan langsung Jakarta-Kota Kinabalu, mulai 6 Februari 2024 mendatang.

Rute terbaru ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dengan Kota Kinabalu yang dijuluki ‘Negeri Di Bawah Angin’ ibu kota Sabah, Malaysia.

Baca Juga:
Roda Pesawat Sempat Keluar Taxy Way, Penerbangan AirAsia Delay di Bandara Labuan Bajo

“Rute internasional terbaru Indonesia AirAsia yang menghubungkan Jakarta menuju Kota Kinabalu ini merupakan rute internasional pertama di tahun 2024 yang diharapkan menjadi tujuan wisata yang diminati oleh kedua negara. Rute Jakarta - Kota Kinabalu ini juga menjadi penerbangan langsung satu-satunya di Indonesia dan sekaligus menandai komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung pemerintah Indonesia dan Malaysia khususnya negara bagian Sabah dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong peningkatan dalam sektor pariwisata” ungkap Head of Government Relations & Corporate Communications AirAsia, Eddy Krismeidi Soemawilaga dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (27/1/2024).

Eddy mengungkapkan Rute baru yang akan dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional kelima yang menghubungkan Jakarta ke negara bagian Malaysia diantaranya Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru dan Kuching.

Baca Juga:
Airasia Targetkan Tahun 2024 Angkut 8 Juta Penumpang

Menurut Eddy jumlah pengunjung Indonesia di Sabah meningkat sebesar 147.8% seiring dengan pulihnya sektor pariwisata di kedua negara tersebut.

"Sebaliknya, wisatawan asal Malaysia menduduki peringkat pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak selama periode Januari - November 2023 yang paling banyak mengunjungi Indonesia dengan total 15,73% atau sebanyak 1,639,254 wisatawan menurut data dari Badan Pusat Statistik Indonesia," ujar Eddy.

Baca Juga:
Indonesia Airasia Resmi Layani Penerbangan Jakarta - Kinabalu

Kota Kinabalu memiliki beraneka ragam wisata menarik, khususnya wisata alam seperti gunung dan pantai yang dapat dijelajahi wisatawan. Salah satunya adalah gunung Kinabalu, gunung tertinggi di Malaysia (4.095,2 mdpl) ini, kondang karena keindahan pemandangannya yang menakjubkan dan kerap menjadi tempat pendakian yang menantang.

Selain itu, destinasi lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tanjung Aru, Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront, Tanjung Aru Perdana Park dan banyak lagi wisata lainnya.

Kota Kinabalu juga menjadi lokasi beberapa acara tahunan Sabah, Malaysia seperti Lampoopalooza yang berlokasi di Gaya Street, acara yang menggabungkan musik, kuliner dan bazar pada 2 Februari 2024 mendatang. Selain itu, Kota Kinabalu juga menjadi lokasi kegiatan MAKNA Founder’s Fun Run 2024 di Tanjung Aru Perdana Park pada 4 Februari 2024.

Indonesia AirAsia rute Jakarta - Kota Kinabalu akan terbang perdana pada tanggal 6 Februari 2024 dengan frekuensi sebanyak tiga kali dalam sepekan (Selasa, Kamis dan Sabtu) menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia rute Jakarta (CGK) ke Kota Kinabalu (BKI) 

  • Rute CGK-BKI dengan nomor penerbangan QZ 527 dijadwal berangkat 16.35 dan akan sampai 18.15
  • Rute BKI-CGK dengan nomor penerbangan QZ 526, dijadwalkan berangkat 12.15 dan akan sampai 15.55.

(fhm)