Jalan Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura Dibuka Senin 29 Januari 2024, Tarif Masih Gratis

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 28/Janu/2024 20:00 WIB
Tol Binjai Stabat. (Ist) Tol Binjai Stabat. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura dengan panjang 19 kilometer akan resmi beroperasi mulai besok Senin (29/1/2024) pukul 07.00 WIB.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram @pupr_bpjt oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jalan tol ini akan dibuka secara fungsional tanpa pungutan tarif alias gratis.

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Pengoperasian seksi ini akan menghubungkan seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km yang sudah beroperasi, serta seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km.

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Wakil Presiden Eksekutif (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, sebelumnya telah mengumumkan bahwa pengoperasian ini dilakukan setelah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 27 Desember 2023.

Selain itu, Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 juga telah dikeluarkan untuk menetapkan pengoperasian Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura.

Baca Juga:
Dibuka Gratis, Ada Aturan Lintasi Jalan Tol Fungsional saat Libur Lebaran

"Seksi tol ini telah menjalani uji coba selama Libur Nataru dengan pengoperasian fungsional mulai dari 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024, dengan lebih dari 100 ribu kendaraan melintas tanpa insiden kecelakaan," ungkap Tjahjo dalam pernyataannya pada Kamis (18/1/2024).

Ia menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan fasilitas dan personel lapangan dengan baik. Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura akan dijaga oleh 62 personel, sementara total personel siaga dari Binjai hingga Kuala Bingai mencapai 162 orang, termasuk petugas operasional, derek, ambulans, dan patroli. 

Selama masa beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya akan mengadakan sosialisasi yang luas tentang aturan berkendara di jalan tol.

"Walaupun masyarakat setempat sudah cukup familiar dengan aturannya karena sebelumnya telah dioperasikan dua seksi, kami tetap akan memberikan pemahaman lebih tentang perbedaan aturan di jalan tol, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik dan prosedur putar balik kendaraan," tambahnya.

Meskipun belum ada tarif yang ditetapkan, pengguna jalan tol diharapkan untuk menggunakan kartu uang elektronik, terutama untuk perjalanan dari Kuala Bingai menuju Tanjung Pura, atau sebaliknya, melalui Seksi Binjai-Stabat dan Stabat-Kuala Bingai. Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat tetap menerapkan tarif normal karena sudah lama beroperasi dengan tarif yang ditetapkan.

(Fhm)