Cadet Corner Poltekpel Banten Diresmikan, Terapkan Program Merdeka Belajar

  • Oleh : Naomy

Selasa, 30/Janu/2024 16:45 WIB
Penandatanganan prasasti di sela peresmian Cadet Corner di Polpekpel Banten Penandatanganan prasasti di sela peresmian Cadet Corner di Polpekpel Banten


BANTEN (BeritaTrans.com) - Cadet Corner merupakan salah satu wujud dari penerapan Program Merdeka Belajar, di mana para Taruna/i diberi ruang terbuka untuk belajar secara mandiri diluar jam perkuliahan. 

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Capt. Wisnu Handoko saat meresmikan Cadet Corner di Kampus Politeknik Pelayaran (Poktekpel) Banten, Senin (29/1/2024) malam. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Pembangunan Cadet Corner juga menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu BP2IP Tangerang yang bereinkarnasi menjadi Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten terus berinovasi dan mengalami banyak perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan.

"Para civitas akademika baik dosen, Taruna/i, maupun peserta diklat dapat dengan bebas merdeka untuk duduk disini sambil membaca buku, berdiskusi tentang perkembangan teknologi transportasi dan belajar Bahasa Inggris, latihan speaking yang dilakukan di alam terbuka biasanya akan membuat lebih paham dan mudah dimengerti," urainya.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Lokasi Cadet Corner juga sangat strategis, dekat dengan masjid, perpustakaan, asrama dan ruang makan sehingga mudah dijangkau. 

Harapannya, dengan fasilitas yang sudah dibangun ini akan dapat memberikan nilai tambah bagi para Taruna/i dan peserta diklat untuk memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

"Saya juga mengapresiasi capaian-capaian yang sudah ditunjukkan oleh Poltekpel Banten mulai dari kinerja anggaran juga kinerja penyelenggaraan diklat vokasi," ungkapnya.

Capt. Wisnu menyampaikan, setelah dicanangkannya program magang luar negeri, baik bagi dosen maupun Taruna/i di lingkungan BPSDMP, Poltekpel Banten menjadi yang pertama kali dapat merespon panggilan magang luar negeri yang dibantu oleh Atase Perhubungan Malaysia.

"Semoga hal ini dapat menjadi penyemangat bagi yang lainnya, untuk bersama sama kita memenuhi apa yang diharapkan Menteri Perhubungan yaitu Go Internasional, memberikan pengalaman belajar, pengalaman berinteraksi, pengalaman berkomunikasi dan bekerja bersama di luar negeri," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Pelayaran Banten, Capt. Semuel Palembangan, mengungkapkan, Cadet Cornet ini dibangun dengan tujuan untuk menciptakan fasilitas yang nyaman dan menyenangkan bagi para Taruna/i, dosen, serta peserta diklat dalam proses perkuliahan dan proses menimba ilmu juga mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan pemerintah.

"Harapan kami dengan dibangunnya Cadet Corner ini dapat menunjang kegiatan belajar Taruna/i sehingga mereka dapan terus berkarya dan mencetak prestasi di berbagai bidang keilmuan," katanya. (omy)