Pintu Tol Gedebage Hilang, Ini Penjelasan Jasa Marga

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 31/Janu/2024 11:00 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pintu Gerbang Tol (GT) Gedebage yang berlokasi di KM 149 Jalan Tol Padalarang - Cileunyi (Padaleunyi) yang ramai diisukan hilang, menjadi perbincangan sejumlah warganet di media sosial.

Senior General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), Widyatmiko Nursejati menjelaskan, hilangnya GT Gedebage tersebut merupakan imbas lanjutan dari penutupan sementara akses keluar/masuk KM 149 akibat adanya kerusakan pada struktur jembatan.

Baca Juga:
Lebih 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Arah Jabotabek hingga H+4 Lebaran

"Selama dilakukannya investigasi lanjutan oleh pihak terkait, Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan pengamanan dengan memindahkan seluruh peralatan tol yang berada di lokasi sampai dengan informasi lebih lanjut," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (31/1/2024).

Sebagai informasi, Jasa Marga selaku pengelola Jalan Tol Padaleunyi memang diketahui telah melakukan penutupan akses GT Gedebage KM 149 sejak 1 Januari 2024.

Baca Juga:
Menko PMK Tinjau Kesiapan Tol Japek Jelang Angleb

Penutupan tersebut sebagaimana tertuang dalam arahan Kementerian PUPR melalui instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada surat No. BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023.

Seiring dengan hal itu, Jasa Marga akan melanjutkan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses Km 149 tersebut sebelum nantinya diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh.

Baca Juga:
Pelayanan di Rest Area Jalan Tol Ditingkatkan Lebih Nyaman untuk Pemudik

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, kecukupan saldo uang elektronik," tambah Widyatmiko Nursejati.

Sebelumnya, sejumlah pengguna media sosial X banyak mengeluhkan pembatasan operasional yang dilakukan JSMR di GT Gedebage. Pasalnya, penutupan akses keluar/masuk di KM 149 tersebut menyebabkan kemacetan.

"Tadi ceritanya mau jalan ke Summarecon Mal Bandung ceunah, pas sampai GT Gedebage kirain lancar ternyata diputerin dan macet banget," cuit @lou***e

"Kalau memang KM exit Tol 149 Gedebage rusak, bongkar lagi aja, dari 2016 cuma jadi situs kebohongan public, perbaikan sampe kapan?," tulis @fac***n.