Ditjen Hubla Optimalkan Pelayanan Publik Melalui Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Feb/2024 16:12 WIB
Penyerahan penghargaan penerapan aplikasi di lingkungan Ditjen Hubla Penyerahan penghargaan penerapan aplikasi di lingkungan Ditjen Hubla

PADANG (BeritaTrans.com) -  Guna mendukung kemajuan teknologi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut c.q. Bagian Umum dan Perlengkapan menggelar Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 di Padang, 5-8 Februari 2024.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan menyampaikan sambutan kepada para peserta yang merupakan pegawai yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut. Para pegawai tersebut berasal dari Direktorat dan Bagian di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan jumlah sekitar 40 orang.

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

'Melalui kegiatan Updating Product dan Pelatihan Aplikasi Omnix Contact Center 151 pada kali ini, diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan layanan Contact Center 151 di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (Ditjen Hubla)," urainya secara daring. 

Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. 

Baca Juga:
315 Peserta Mudik Asyik Bersama BUMN Naik KM Labobar Berangkat dari Balikpapan ke Surabaya

Contact Center 151 merupakan salah satu media komunikasi, yang dikelola Kemenhub sebagai upaya mengantisipasi perubahan teknologi informasi di era digilatisasi dimaksud, terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, langsung dan efektif. 

Melalui layanan Contact Center 151 yang terintegrasi dengan aplikasi Omnix masyarakat dapat terhubung langsung untuk menyampaikan keluhan, kritik, dan pertanyaan melalui media whatsapp messenger, telefon, maupun electronic mail (email) berkaitan dengan pelayanan di bidang transportasi laut.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Sosialisasi Prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Lollan menegaskan, pelayanan melalui Contact Center 151 diharapkan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa menjadi media komunikasi langsung dengan masyarakat. 

Untuk itu, perlu adanya pernyiapan informasi dan pemantauan guna mendukung layanan Contact Center 151. 

"Dengannya, perlu disiapkan petugas yang siaga untuk menjawab pertanyaan yang masuk melalui layanan Contact Center 151," ujarnya. 

Dia minta kepada seluruh peserta yang hadir agar mengikuti pelatihan dengan serius dari awal sampai selesai sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh melalui pelatihan ini dapat dilaksanakan dan diaplikasikan dalam peningkatan layanan Contact Center 151.

Sebagai informasi, Ditjen Hubla tercatat menjadi subsektor di Kementerian Perhubungan yang memiliki traffic tertinggi pada Contact Center 151 Kemenhub periode Januari hingga Desember 2023 sebanyak 5.174 tiket atau sebesar 36,86 persen dari total Traffic Contact Center 151. 

Adapun rinciannya berupa voice sebanyak 3.130 tiket, email 1.419 dan whatsAap sebanyak 625. Untuk informasi dan pengaduan terkait rencana pengoperasian kapal menjadi informasi dan pengaduan tertinggi yang diminta serta diadukan oleh masyarakat. 

Pada kesempatan yang sama, Bagian Umum dan Perlengkapan memberikan penghargaan kepada Direktorat maupun Bagian yang melakukan pelayanan publik menggunakan aplikasi. 

Adapun penganugerahan aplikasi dengan pelayanan publik kategori fast response atau respon cepat diberikan kepada Direktorat Perkapalan dan Kepelautan dengan aplikasi Simkapel (Sistem Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan), Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut dengan aplikasi Simlala (Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), dan Bagian Organisasi dan Humas dengan aplikasi Sehati (Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi). 

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Wisnu Wardana menyampaikan terima kasih kepada Panitia  yang telah menyiapkan kegiatan dengan sangat baik dan penuh rasa kebersamaan. 

"Dengan begitu, kegiatan dapat diikuti dari seluruh peserta dengan penuh semangat Level UP yang merupakan landasan semangat di Bagian Umum dan Perlengkapan," tuturnya. (omy)