Indonesia Airasia Resmi Layani Penerbangan Jakarta - Kinabalu

  • Oleh : Naomy

Rabu, 07/Feb/2024 16:53 WIB
Penerbangan Indonesia-Kinabalu Penerbangan Indonesia-Kinabalu

 

KINABALU (BeritaTrans.com) - Maskapai penerbangan Indonesia AirAsia resmi mengoperasikan rute Jakarta ke Kinabalu, Malaysia, Selasa (6/2/2024). 

Baca Juga:
Roda Pesawat Sempat Keluar Taxy Way, Penerbangan AirAsia Delay di Bandara Labuan Bajo

Setelah rute ini, Indonesia AirAsia menyiapkan 12 rute internasional ke 6 negara.

Direktur Operasi Indonesia AirAsia Capt. Wuri Septiawan mengatakan penerbangan langsung Jakarta-Kinabalu merupakan rute internasional pertama dari 13 rute luar negeri yang akan diluncurkan AirAsia pada tahun ini. 

Baca Juga:
Airasia Targetkan Tahun 2024 Angkut 8 Juta Penumpang

"Ada 13 destinasi di ke enam negara yang akan kita luncurkan penerbangannya pada 2024 ini," ujar Capt. Wuri di Bandara Kinabalu, Sabah. 

Indonesia AirAsia (IAA) pada tahun ini akan mengoperasikan 32 pesawat dan meluncurkan rute internasional ke Malaysia, Brunei Darussalam, Maldiv, Cina, India, Hong Kong dan Filipina. 

Baca Juga:
Mulai 6 Februari AirAsia Buka Rute Jakarta-Kinabalu

Dia optimistis, dengan penambahan rute dan jumlah pesawat, penumpang Indonesia AirAsia meningkat 20 persen dari 2023 lalu yang mengangkut 391 ribu penumpang. 

Penerbangan perdana IAA dengan kode QZ 526 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) mendarat di Bandara Internasional Kota Kinabalu (BKI) pada jam 15.55 waktu setempat dan mendapatkan sambutan water salute. 

Capt. Wuri bersama Allstars IAA diterima oleh Assistant Minister of Tourism Culture and Environment Sabah & Chairman of Sabah Tourism Board, Datuk Joniston Bangkuai.

Dia mengatakan, rute Jakarta - Kota Kinabalu ini juga menjadi penerbangan langsung satu-satunya di Indonesia dan sekaligus menandai komitmen IAA untuk mendukung pemerintah Indonesia dan Malaysia khususnya negara bagian Sabah dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong peningkatan dalam sektor pariwisata.

"Rute baru ini menandai rute internasional kelima yang menghubungkan Jakarta ke negara bagian Malaysia di antaranya Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru dan Kuching yang diluncurkan tahun lalu," ujar Capt. Wuri.  

Dia yakin load factor penerbangan Jakarta-Kinabalu yang melayani tiga kali seminggu ini terisi penuh dan terus meningkat.  

Sementara itu, Sabah Minister of Tourism, Culture and Environment Datuk Christina Liew menyambut baik penerbangan perdana Indonesia AirAsia ke Kota Kinabalu. 

Menurutnya, inisiatif ini tidak hanya mempererat hubungan antara negara, tetapi juga membuka peluang baru dalam sektor pariwisata, budaya, dan ekonomi.

"Kota Kinabalu memiliki daya tarik unik dan keindahan alam yang mempesona. Rute baru ini, kami harap dapat menyambut lebih banyak wisatawan Indonesia untuk menikmati keindahan pariwisata Sabah," tutur Christina. (soleh/omy)