Berkoordinasi dengan Tim, Pangkalan PLP Tanjung Priok Kerahkan Kapal Patroli KN Damaru Bantu Evakuasi Medik ABK MT PIS Patriot di Pangkal Balam

  • Oleh : Ahmad

Senin, 12/Feb/2024 18:21 WIB
Foto: istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok Foto: istimewa/Pangkalan PLP Tanjung Priok

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok Koordinasi Evakuasi Medik pada kapal MT. PIS Patriot dengan Kapal Patroli KN. Damaru-P.214 dan Tim Gabungan di Pelabuhan Pangkal Balam, Minggu 11 Februari 2024.

Baca Juga:
SPSL Jaga Keberlanjutan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Lewat Program Teman Nelayan

Kegiatan evakuasi medik ini dilakukan sebagai respons terhadap Informasi Medivac yang terhadap seorang ABK MT PIS Patriot, yang bernama Tony Edowardo. Berdasarkan kronologi kejadian, korban ditemukan oleh rekan korban pada pukul 16.22 WIB, tergeletak di bagian depan kapal, saat kapal berada di utara perairan Tanjung Berikat.

Dalam upaya penyelamatan, Nakhoda kapal beserta kru segera melakukan pertolongan pertama dengan memberikan Resusitasi Jantung Paru (RJP) kepada korban. Namun, sayangnya tidak ada respons dari korban, sehingga korban kemudian dibawa ke ruang medis kapal. Kondisi ini segera dilaporkan kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkal Balam.

Baca Juga:
Bersama Unsur Maritim, Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Berkomitmen Wujudkan Pelabuhan Bersih dan Sehat

Pukul 22.22 WIB, tim evakuasi tiba di kapal, namun karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, kapal tidak dapat melakukan sandar. Oleh karena itu, kapal MT.PIS Patriot diminta untuk melakukan manuver guna menghalangi ombak agar kapal evakuasi bisa menepi dengan aman.

Baca Juga:
JPPI Bersama Cucu Perusahaan Pelindo Teken Kerja Sama Docking Kapal

Setelah perjuangan, pada pukul 22.41 WIB, kapal berhasil sandar dan tim evakuasi bersama dengan dokter berhasil naik ke atas kapal. Dokter segera melakukan pemeriksaan medis terhadap korban, dan sayangnya, setelah dilakukan pengecekan, dokter menyatakan bahwa korban, Tony Edowardo, telah meninggal dunia.

Tim evakuasi yang terlibat Evakuasi Medik KSOP Pangkalbalam, KN. DAMARU - P.214 Pangkalan PLP Kls I Tg.Priok, Basarnas, POLAIR, Karantina, serta pihak Kepanduan/Pelindo dan Perusahaan Pelayaran Keagenan.

Dr.Triono S.Pel.MM Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas meningglanya korban, semoga keluarga korban diberikan kekuatan dan kesabaran. serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses evakuasi medik ini.(ahmad)