Meriahkan HPN 2024, SPMT Group Gelar Kompetisi Karya Tulis dan Foto Jurnalistik

  • Oleh : Naomy

Selasa, 13/Feb/2024 13:56 WIB
Salah satu layanan anak usaha SPMT Grup di Pelabuhan Salah satu layanan anak usaha SPMT Grup di Pelabuhan

MEDAN (BeritaTrans.com) - Sebagai bentuk apresiasi dan memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo gelar Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024.

Kompetisi ini merupakan bentuk apresiasi SPMT terhadap jurnalis Indonesia yang telah membantu dalam menyampaikan informasi seputar SPMT Group (PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk dan PT Terminal Curah Utama) dan dunia kepelabuhanan, khususnya layanan kepelabuhanan nonpetikemas pascamerger Pelindo yang dikelola SPMT Group. 

Baca Juga:
SPMT Siapkan Masa Depan Melalui Pelindo Youth Community

Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 ini juga diadakan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi SPMT Group terhadap HPN 2024.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan menjelaskan, pihaknya sebagai operator Pelabuhan  di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia seperti curah cair, curah kering, car terminal, general cargo dan penumpang. 

Baca Juga:
SPMT Edukasi Penggunaan APAR pada 200 Siswa SMK di Belawan

"Dalam menghadirkan layanannya, SPMT berharap mendapatkan masukan yang membangun melalui karya jurnalistik dari para jurnalis Indonesia terkait SPMT Group pasca merger yang bertujuan untuk turut memberikan dorongan bagi korporasi dalam meningkatkan layanan logistik kepelabuhanan," ungkapnya, Selasa (13/2/2024). 

Melalui karya-karya jurnalistik para jurnalis Indonesia, mendorong SPMT Group untuk terus memperkuat konektivitas nasional serta menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif sekaligus meningkatkan daya saing nasional.

Baca Juga:
Pelindo Grup Gelar Berbagai Kegiatan Bulan K3

"Gelaran Kompetisi Jurnalistik SPMT Group dalam memperingati HPN 9 Februari 2024 ini menjadi bentuk apresiasi SPMT untuk seluruh jurnalis Indonesia," jelas Yon.

Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 yang bertema 'Dua Tahun Pelindo Transformasi Pelabuhan Nonpetikemas Indonesia' dengan total hadiah mencapai Rp140 Juta ini berlangsung pada 13 Februari - 16 April 2024 dengan dua kategori yang dapat dipilih oleh peserta yakni karya tulis jurnalistik dan karya jurnalistik foto.

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto menambahkan, kompetisi jurnalistik ini terbuka untuk para jurnalis dari seluruh Indonesia. 

Para peserta diajak untuk mengeksplorasi berbagai tema terkait transformasi SPMT Group selama 2 Tahun Perjalanan Pelindo pasca merger.

"Hingga saat ini SPMT sudah melakukan perbaikan-perbaikan dari berbagai pilar, mulai dari proses bisnis, penguatan hsse, hingga sistem termasuk SDM, dalam hal ini diharapkan  peran jurnalis dalam mengabadikan setiap momen transformasi yang dilakukan SPMT tentunya menjadi penting dalam mendorong laju pertumbuhan korporasi dan dampaknya bagi perekonomian sekitar," beber Edi.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami, menyampaikan, adapun juri dalam Kompetisi Jurnalistik SPMT Group 2024 untuk kategori karya jurnalistik tulis adalah Pemred Kompas.com Wisnu Nugroho, Ketua Forum Pemimpin Redaksi Indonesia sekaligus Pemred Kumparan.com Arifin Asydhad, dan Direktur The National Maritime Institute, Siswanto Rusdi. 

Sementara untuk kategori jurnalistik foto adalah Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI), Reno Esnir dan Foto Jurnalis Senior, Oscar Matuloh.

"Secara keseluruhan karya-karya jurnalistik peserta Kompetisi Jurnalistik SPMT Group ini nanti juga akan dinilai oleh Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan untuk kategori jurnalistik tulis, dan Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto untuk kategori jurnalistik foto. Kami tunggu partisipasi rekan-rekan jurnalis media lewat karya-karya jurnalistiknya," terang Fiona.

Para jurnalis Indonesia dapat mengirimkan karya terbaiknya melalui email: [email protected] sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. 

Informasi terkait Kompetisi Jurnalistik SPMT Group lebih detail dapat diakses melalui https://linktr.ee/KompetisiJurnalistikSPMT2024. (omy)