KAI Commuter Imbau Penumpang KRL Manfaatkan Kondisi Akhir Pekan untuk Hindari Kepadatan Awal Pekan Senin Esok

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 18/Feb/2024 17:38 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Antusiasme masyarakat pada akhir pekan untuk berpergian salah satunya dengan menggunakan Commuter Line terpantau meningkat. Hal itu disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (18/2/2024).

Anne menjelaskan, rata-rata volume penumpang KRL Jabodetabek pada hari kerja sepanjang Februari ini sebanyak 942.154 orang per hari. Dengan rata-rata volume setiap hari Senin sebanyak 950.393 orang. Sementara itu volume pengguna Commuter Line pada akhir pekan minggu lalu rata-rata sebanyak 703.107 orang per harinya. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

"Akhir pekan ini Minggu, (18/2) hingga pukul 14.00 WIB tercatat pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 272.040 orang. Dengan Stasiun Tanah Abang sebagai stasiun dengan volume tujuan terbanyak yaitu sebanyak 29.418 orang," ujar Anne dalam keterangannya. 

Dilanjutkan, untuk keberangkatan terbanyak pada akhir minggu ini yaitu Stasiun Bogor dengan sebanyak 16.148 orang. Sedangkan Stasiun Tanah Abang pada waktu yang sama tercatat sebanyak 12.703 orang yang naik dan 29.418 orang yang turun di stasiun tersebut.    

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Melihat selisih volume penggguna yang cukup besar antara hari kerja khususnya hari Senin dengan hari libur akhir pekan, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi KRL, yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini, untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin esok pagi.

Saat ini untuk melayani penumpang, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan KRL Jabodetabek tiap harinya. 

Baca Juga:
Volume Penumpang KRL di Stasiun Integrasi Meningkat Jelang Berakhirnya Libur Lebaran

KAI Commuter juga mencatat persebaran penggua pada hari kerja masih terpusat pada jam sibuk pagi (06.30 – 08.30 WIB) dan sore hari (16.00 – 18.00 WIB). (fhm)