Kemenparekraf Dukung Sportel Rendez-vous, Pameran Broadcast Olahraga Internasional di Bali

  • Oleh : Naomy

Selasa, 20/Feb/2024 11:23 WIB
Weekly Brifing with Sandiaga Uno Weekly Brifing with Sandiaga Uno


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi penyelenggaran event olahraga berskala internasional yaitu Sportel Rendez-vous. 

Ini merupakan ajang pameran penyiaran (Broadcast) olahraga bergengsi di dunia yang untuk kedua kalinya akan diselenggarakan di Bali. 

Baca Juga:
Kemenparekraf Perkuat Literasi Keuangan DPUP Bagi Pelaku Parekraf di Palopo Sulsel

Rangkaian Sportel Bali Rendez-vous 2024 akan digelar mulai 21 hingga 25 Februari 2024, bertempat di kawasan Hotel Intercontinental Resort Jimbaran Bali.

Hal itu disampaikan Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya dalam "The Weekly Briefing With Sandi Uno" di Gedung  Sapta Pesona, Senin (19/2/2024).

Baca Juga:
Kemenparekraf Gelar Coaching Clinic KUR Sektor Parekraf di Bandung

Nia mengatakan, Sportel bukan sekadar event olahraga biasa, namun mencakup International Conference Summit, Exhibition, dan Sportel Event. 

“Konferensi ini akan dihadiri 500 delegasi executive, seperti para pemilik hak siar olahraga dan pameran akan dihadiri oleh 50 hingga 100 exhibitors,” katanya. 

Baca Juga:
Kemenparekraf: Program IndoBisa 2023 Mengakselerasi Pengembangan Ekonomi Digital

Dia berharap, Sportel Bali Rendez-vous 2024 menjadi momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan menggerakkan wisatawan nusantara di Indonesia. 

Nia juga berharap Sportel dapat menjadi media untuk mendukung sustainable tourism.

“Semoga event ini menjadi sesuatu yang berkelanjutan,” kata Nia. 

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Handoko, berharap Sportel dapat diselenggarakan kembali di destinasi-destinasi Indonesia. 

“Kemenparekraf sangat mengapresiasi penyelenggaraan Sportel ini dan kami berharap secara reguler acaranya bisa dilaksanakan di destinasi-destinasi lainnya di Indonesia,” ujar Handoko. 

Direktur Programming & Content Devolopment Transvision, I Putu Bidharma Satya, menyampaikan, Sportel sebagai pameran konten olahraga terkemuka di dunia berperan penting dalam industri penyiaran olahraga global selama tiga dekade. 

Sportel Rendez-vous Bali 2024 bakal menampilkan pameran, talkshow, diskusi, dan pertemuan antara pemilik konten olahraga dengan operator televisi. 

Konferensi tahun ini akan dihadiri berbagai petinggi dalam industri olahraga terutama terkait dengan konten dan penyiaran. 

Beberapa nama yang sudah dikenal antara lain AVIA, BEIN Sports, FIFA, Fight Nation, FOX, NBA, Premier League, Serie A, Warner Bros Discovery.

Selain dihadiri para pelaku industri olahraga Internasional, konferensi tahun ini juga akan dihadiri perwakilan dari industri penyiaran dan olahraga di Indonesia antara lain Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI), Bali United, Group EMTEK, Group MNC, Group Transmedia, dan TVRI.

Acara ini makin meriah karena dirangkai dengan turnamen golf dan triathlon. 

Turnamen golf akan digelar pada 21-22 Februari 2024 di New Kuta Golf dan Bali National Golf Club. Sedangkan Sportel Bali Triathlon akan dilaksanakan pada 25 Februari 2024 di Jimbaran. 

Untuk ajang triathlon, bakal diikuti 350 peserta dari dalam dan luar negeri.

“Konferensi dan summit-nya kita rancang untuk digelar pada 22 dan 23 Februari 2024 dan ditutup dengan salah satu olahraga yang menurut kami cukup mewakili Indonesia yang punya luas wilayah yang besar, laut dan pantai yang cantik dan bisa dilakukan di mana saja. Maka kita buat Bali Sportel Triathlon 2024 pada 25 februari 2024,” beber Satya. 

Sementara itu, Direktur Business Development Transvision, Fachrul Prasodjo, mengatakan, Sportel juga dapat menjadi media untuk mendukung sustainable tourism. 

“Kalau di Kemenparekraf, Indonesia maju parekraf hijau, kalau kita punya satu topik yaitu sustainability sport, jadi olahraga ini adalah penghasil emisi yang terbesar seperti sepakbola, jadi kita berusaha untuk membuat sesuatu yang berkelanjutan,” kata Fachrul. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut seluruh jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf. (omy) 

 

Tags :