Legislator Apresiasi Kinerja BNI Sebagai Salah Satu Lokomotif Perekonomian Indonesia

  • Oleh : Naomy

Selasa, 20/Feb/2024 21:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR Anggota Komisi VI DPR


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kinerja PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sepanjang 2023 mendapatkan apresiasi dari legislator karena pertumbuhan laba perseroan berhasil mencapai Rp20,9 triliun di 2023 atau tumbuh 14,2% secara tahunan (YoY). 

Hal ini telah membuat BNI menjadi salah satu lokomotif perekonomian Indonesia dan jembatan bagi pemerintah untuk membantu pekerja migran dan diaspora Indonesia di luar negeri.

Baca Juga:
BNI Bantu Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika, Ikuti Specialty Coffee Expo

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza berpendapat, capaian BNI di tahun buku 2023 sudah sangat positif, dan berpotensi untuk semakin kuat lagi di tahun-tahun mendatang. 

Hal ini juga didasari oleh kepemimpinan jajaran direksi yang profesional, dan kebijakan tranformasi yang telah dijalankan beberapa tahun terakhir.

Baca Juga:
Mudik Lebaran Tanpa Khawatir dengan Layanan Tarik Tunai BNI

"Saya yakin BNI akan memenuhi ekspektasi baik pemerintah maupun masyarakat sebagai bank yang tumbuh dengan cepat di masa yang akan datang," ungkapnya, Selasa (20/2/2024).

Dia menambahkan, dengan seluruh fasilitas dan kekuatan yang dimilik BNI saat ini, penetrasi pasar di masa-masa yang akan datang seharusnya dapat dilakukan dengan lebih tinggi, lebih kuat dan lebih prospektif.

Baca Juga:
BNI Berbagi Kebahagiaan di Ramadan, Salurkan Sembako, Santunan, Hingga Mudik Gratis

"Dengan begitu BNI bisa menyaingi bank-bank pemerintah lainnya seperti BRI maupun Mandiri yang selama ini selalu ada di atas BNI. Paling tidak, market yang dicapai BNI di 2023 bisa tumbuh dua kali lipat di tahun yang akan datang," ujar Faisol.

Dia juga mengapresiasi komitmen BNI untuk melayani overseas banking kepada para diaspora, pengusaha eksportir maupun importir serta pekerja migran Indonesia. 

"Saya sudah mengunjungi beberapa kantor cabang mereka di luar negeri. Sangat terlihat bahwa komitmen BNI itu dijalankan dengan sungguh-sungguh," tuturnya.

Faisol juga menaruh harapan besar kepada BNI agar bisa terus menggaet minat masyarakat Indonesia yang ada di luar negeri.

"Untuk menjadikan BNI sebagai bank pilihan utama yang memberikan pelayanan lengkap untuk kebutuhan finansial dalam berusaha maupun kebutuhan sehari-hari semakin kuat," harap dia.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron mengapresiasi BNI atas capaian di 2023 mengingat BNI sebagai lokomotif atau motor perekonomian bangsa.

Dia berharap perseroan untuk tetap memerhatikan porsi kredit UMKM ke depan.

"BNI juga diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja overseas banking dengan menjangkau negara-negara yang banyak dihuni pekerja migran Indonesia seperti Arab Saudi, Malaysia, Taiwan dan Hongkong," bebernya.

"Hal ini dilakukan agar BNI dapat semakin menjembatani transaksi mereka serta mengurangi peredaran uang yang selama ini lewat agen jasa pengiriman." (omy)