Insiden Eskalator di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Feb/2024 18:24 WIB
Tangga otomatis yang berjalan ke atas namun tiba-tiba berbalik arah menuju ke bawah membuat beberapa orang tejatuh di Stasiun Manggarai, Rabu (21/2/2024) kemarin. (Foto:Instagram) Tangga otomatis yang berjalan ke atas namun tiba-tiba berbalik arah menuju ke bawah membuat beberapa orang tejatuh di Stasiun Manggarai, Rabu (21/2/2024) kemarin. (Foto:Instagram)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Ramai di media sosial kejadian penumpang ramai dan ribut-ribut di eskalator Stasiun Manggarai. Ternyata eskalator mengalami masalah saat penumpang KRL hendak menuju ke lantai atas.

Menanggapi hal tersebut, External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan mengatakan kejadian terjadi pada Rabu, 21 Februari 2024 sekitar pukul 18.06 WIB. 

Baca Juga:
31 Ribu Lebih Penumpang KRL Turun di Stasiun Bogor, KAI Commuter Imbau Selalu Awasi Anak dan Barang Bawaan

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai pada Rabu, 21 Februari 2024 kemarin sore sekitar pukul 18.06 WIB," ujar Leza Arlan, Kamis (22/2/2024). 

Leza menjelaskan, kendala layanan dikarenakan tidak normalnya operasional eskalator di Stasiun Manggarai, sehingga menyebabkan terganggunya flow pengguna yang akan menuju peron 11 dan 12.

Baca Juga:
KAI Commuter: Volume Penumpang KRL Meningkat pada Hari Lebaran ke-2

"Kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai yang secara normal mengarah keatas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah," jelas Leza. 

Dikatakan pula, kejadian itu membuat beberapa orang penumpang yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh.

Baca Juga:
Layani Lebih 250 Ribu Penumpang KRL Jabodetabek Sampai Siang Lebaran Ini, KAI Commuter Imbau Pengguna Jaga Keselamatan

Leza menegaskan, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban, petugas pengamanan yang berjaga di sekitar escalator secara sigap membantu pengguna yang terjatuh. 

"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," kata Leza.

Pada Stasiun Manggarai, fasilitas eskalator dan lift yang diperuntukkan untuk pengguna prioritas saat menuju peron 11 dan 12. Tersedia juga fasilitas tangga manual di sisi selatan dan ditengah hall lantai 1 stasiun. 

"KAI Commuter mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya," pinta Leza.

Leza menamhabkan, KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan selalu mengikuti arahan dan informasi dari petugas di stasiun. (fhm)