JPPI Bersama Cucu Perusahaan Pelindo Teken Kerja Sama Docking Kapal

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 22/Feb/2024 20:08 WIB
Foto:istimewa/JPPI Foto:istimewa/JPPI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT. Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) melakukan penandatanganan Kontrak Harga Satuan (KHS) Docking Kapal dengan PT Jasa Armada Indonesia Tbk (JAI) dan PT Pengerukan Indonesia (Rukindo).

Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Direktur Operasi dan Teknik Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Plt. Direktur Utama dan Direktur Teknik dan Operasi JPPI, Paul July Supatrio dan Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko, Roy F.H. Simanjuntak beserta perwakilan Direksi dari Perusahaan lainnya dilaksanakan di Pelindo Tower, Jakarta Utara, Rabu (21/2/2024). 

Baca Juga:
Disambut EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KM Dobonsolo Angkut Pemotor Arus Balik Gratis Terakhir Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Kerjasama ini diinisiasi oleh Subholding para cucu Perusahaan yaitu PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM). Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Operasi dan Teknik SPJM, Arief Prabowo dalam pidatonya menyampaikan bahwa kerjasama ini adalah bentuk konkrit dari mergernya Pelindo yang memudahkan antar cucu Perusahaan Pelindo bisa bekerjasama dan mendukung percepatan implementasi dari pemurnian bisnis yang dilakukan oleh Pelindo terhadap anak Perusahaan dan Perusahaan terafiliasi. Beliau menambahkan bahwa SPJM selaku subholding akan terus mendukung kolaborasi ini agar terciptanya efisiensi waktu dan biaya sehingga kinerja operasional dapat tercapai sesuai target Holding Pelindo.

“Hal ini menjadi sejarah untuk JPPI sebagai salah satu bagian dari Pelindo Group yang bergerak di bidang docking maupun perbaikan dan perawatan kapal untuk customer internal di Pelindo Group, dalam hal ini PT JAI Tbk dan Rukindo serta dalam waktu dekat kerjasama dengan PT Pelindo Marine Service. Tujuan dari penandatanganan hari ini adalah kami berkolaborasi untuk menciptakan suatu standarisasi penentuan jadwal docking yang tertata rapi di tahun 2024. Selain itu juga bertujuan untuk perjanjian standarisasi jangka watu dari pembayaran-pembayaran maupun perjanjian komersial agar lebih mengefisiensikan proses docking di Pelindo group dan terjaminnya ketersediaan kapal untuk para operator dalam hal ini customer kami.” Ucap Paul.

Baca Juga:
Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

Beliau menambahkan bahwa harapannya kedepan JPPI dapat lebih berkonsentrasi untuk menambah dan mengoptimalikan kinerja dari masing-masing anak Perusahaan yang mengelola kapal selaku ujung tombak untuk Revenue Generation. Lanjutnya, beliau berharap JPPI bisa menjadi supporting role yang menunjang dari ketersediaan kapal sehingga kinerja dari operator untuk marine bisa lebih terkontrol. (ahmad) 

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok