Pembalap F1 Powerboat Disambut Tari Tor Tor dan Dikalungi Ulos Saat Tiba di Bandara Raja Sisingamangaraja XII

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 24/Feb/2024 19:49 WIB
Penyambutan peserta F1Powerhoat di Bandara Silangit Penyambutan peserta F1Powerhoat di Bandara Silangit


SILANGIT  (BeritaTrans.com) - Kejuaraan Dunia F1 Powerboat siap digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, 2 - 3 Maret 2024. 

Para pembalap dan kru tim ajang lomba jet air itu mulai tiba hari ini (24/2/2024) di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Silangit, Tapanuli Utara. 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Jarak antara bandara dengan venue F1 Powerboat di Balige hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. 

PT Angkasa Pura II sebagai bagian dari InJourney yang merupakan holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, menyambut para delegasi F1 Powerboat di Bandara Raja Sisingamangaraja XII dengan menampilkan kebudayaan khas Batak. 

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan, delegasi yang tiba di Silangit hari ini adalah sebagian pembalap, kru tim dan perwakilan dari H2O.

“Bandara Raja Sisingamangaraja XII merupakan bandara terdekat dengan Danau Toba. Kedatangan pembalap, kru tim, panitia, dan media terkait F1 Powerboat dijadwalkan mulai 24 Februari hingga 1 Maret 2024. Total, bandara menyambut sekitar 176 orang delegasi F1 Powerboat dari berbagai negara,” urai Cin. 

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Fokus Pada 7 Titik Penting ini di Puncak Arus Balik

Dia menuturkan, di samping Bandara Raja Sisingamangaraja XII, bandara lain yang dikelola AP II yakni Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), serta Bandara Kualanamu (Deli Serdang) juga turut mendukung pelaksanaan F1 Powerboat. 

Delegasi F1 Powerboat dari berbagai negara transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma atau Bandara Kualanamu untuk kemudian menuju Silangit. 

Begitu juga dengan wisatawan mancanegara yang sebagian besar transit terlebih dahulu untuk kemudian menuju Silangit.

Cin mengatakan, AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan di rute Jakarta - Silangit untuk mendukung F1 Powerboat.

"Saat ini terdapat empat maskapai yang melayani rute penerbangan Jakarta - Silangit yakni Super Air Jet, Citilink, Batik Air dan AirAsia," ujarnya. 

Setiap harinya, terdapat total lim penerbangan Jakarta - Silangit dan lima penerbangan Silangit - Jakarta. 

“Apabila ada permintaan dari maskapai untuk penerbangan tambahan di rute Jakarta - Silangit, kami pastikan slot time untuk itu tersedia,” jelas Cin. 

Sementara itu di Bandara Kualanamu juga tersedia shuttle bus menuju Parapat yang dioperasikan sejumlah perusahaan otobus. 

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Maya Watono mengucapkan selamat datang kepada para pembalap F1 Powerboat. 

“InJourney menyampaikan selamat datang di Indonesia untuk para pembalap F1Powerboat dan juga para krunya. Kami berharap para pembalap bisa menikmati perjalanannya serta mendapatkan pengalaman yang mengesankan selama di Indonesia,” kata Maya. 

Menurutnya, InJourney dan juga para pemangku kepentingan akan berusaha untuk menyajikan event F1Powerboat yang terbaik.

Dengan demikian para pembalap dapat berkompetisi dengan kondusif dan para penonton bisa menikmati event olahraga air internasional ini. 

Penyambutan

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun menuturkan, penyambutan dilakukan terhadap seluruh delegasi F1 Powerboat yang tiba di bandara.

Penyambutan dilakukan langsung setelah para delegasi turun dari pesawat. 

“Setelah para delegasi turun dari pesawat, mereka disambut dengan tari Tor Tor yang merupakan tarian suku Batak. Ini untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada para delegasi yang berasal dari berbagai daerah. Setelah itu para delegasi dikalungi ulos yang merupakan kain tenun khas Batak.” 

“Para delegasi terlihat antusias dan ikut juga mengikuti gerakan tari Tor Tor. Kami berharapi penyambutan ini juga bisa memberikan experience terbaik dan melengkapi kegiatan mereka selama di Danau Toba,” ucap Ardon. 

Disebutkannya, para delegasi dan wisatawan mancanegara juga dapat menjumpai replika Rumah Bolon langsung di bandara. 

“Rumah Bolon adalah rumah tradisional Batak Toba, dan di bandara ini kami menghadirkan replika Rumah Bolon berdimensi 2,8 meter x 4,8 meter yang dibangun dengan material kayu,” imbuhnya. 

Di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan seniman lokal.

AP II berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga dapat semakin memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. (omy)