Jadwal Operasional LRT Jabodebek Bakal Ditambah Lagi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 25/Feb/2024 14:27 WIB
LRT Jabodebek.(dok.KAI) LRT Jabodebek.(dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) divisi LRT Jabodebek berencana akan menambah jumlah rangkaian kereta atau trainset (TS) di bulan Maret mendatang. Namun, rencana penambahan trainset itu masih belum mencapai keputusan final.

Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengungkapkan, pihaknya saat ini masih melakukan evaluasi dan koordinasi dengan stakeholders atau pemangku kepentingan terkait, seperti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan juga PT Industri Kereta Api (INKA), mengenai rencana penambahan trainset tersebut.

Baca Juga:
Peningkatan Penumpang LRT Jabodebek Sampai 73 Persen Usai Lebaran

"Untuk penambahan jumlah trainset, sudah ada rencana untuk ditambah di bulan Maret, namun belum final keputusannya. Saat ini kami masih melakukan evaluasi dan koordinasi dengan stakeholders terkait seperti Kemenhub dan INKA mengenai rencana tersebut," kata Mahendro dikutip BeritaTrans.com dari CNBC Indonesia, Ahad (25/2/2024).

Adapun rencana penambahan trainset bakal berdampak pada waktu tunggu kereta yang bakal semakin pendek, atau jarak kedatangan antar kereta (headway). Sebagaimana diketahui, semakin banyak jumlah rangkaian kereta (trainset) yang dioperasikan, maka waktu tunggu menjadi semakin pendek.

Baca Juga:
LRT Jabodebek Layani 151.871 Penumpang selama Libur Panjang Lebaran

Saat ini, waktu tunggu antarkereta LRT Jabodebek masih berkisar 7,5 menit hingga 15 menit. Menanggapi hal itu, Mahendro mengatakan, jadwal perjalanan LRT Jabodebek dinamis. Artinya, jadwal keberangkatan kereta akan bergerak mengikuti kebutuhan dari penggunanya. Misalnya, saat jam sibuk atau peak hour maka waktu tunggu kereta akan menjadi lebih cepat dibandingkan saat waktu non-peak hour atau di luar jam sibuk.

"Jadwal LRT Jabodebek memang dinamis. Dalam artian, kami berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna. Jadwal yang dinamis tersebut tentunya kami terapkan untuk mengakomodir kebutuhan para pengguna kami, disamping juga dipengaruhi dengan tren jumlah pengguna yang semakin meningkat," ujarnya.

Baca Juga:
Jadwal Keberangkatan LRT Jabodebek Hari Ini, Tarif Promo Terjauh Rp10.000 Berlaku

Sementara itu, mengutip dari laman Instagram resmi LRT Jabodebek, jadwal berlaku untuk LRT Jabodebek saat ini adalah:

- keberangkatan pertama untuk lintas pelayanan Jatimulya-Dukuh Atas dijadwalkan pada pukul 05.23 WIB. Sementara, keberangkatan terakhir untuk rute yang sama dijadwalkan pada pukul 21.04 WIB.

- keberangkatan pertama rute Dukuh Atas-Jatimulya dijadwalkan pada pukul 06.18 WIB. Sementara, kereta terakhir untuk rute yang sama dijadwalkan pada jam 22.00 WIB.

- kereta pertama untuk rute Harjamukti-Dukuh Atas adalah pada 05.30 WIB, dengan keberangkatan terakhir dijadwalkan pada 21.12 WIB.

- kereta pertama Dukuh Atas-Harjamukti dijadwalkan pada 06.23 WIB, dengan keberangkatan terakhir pada 22.05 WIB.

(Fhm)