Festival Cap Go Meh Singkawang Kalbar, Diharap Mampu Gerakkan Perekonomian

  • Oleh : Naomy

Minggu, 25/Feb/2024 20:30 WIB
Event Cap Gomeh di Singkawang Event Cap Gomeh di Singkawang

 

SINGKAWANG (BeritaTrans.com)  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pelaksanaan Festival Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, sebagai upaya mendorong pergerakan perekonomian masyarakat.

Baca Juga:
Bangun Destinasi Wisata Baru Bakauheni Harbour City, ASDP Diapresiasi Kemenparekraf

Saat menghadiri penutupan Festival Cap Go Meh 2024 di kawasan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Sabtu (24/2/2024), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, kehadiran Festival Cap Go Meh yang digelar pada 22-24 Februari ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kalbar, khususnya Singkawang. 

"Terlebih, festival ini berhasil menembus peringkat 10 besar dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024," ujar Sandiaga.

Baca Juga:
Menparekraf Sebut "Sumarak Ramadhan 2024" Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal di Sumbar

Tidak hanya itu, menurutnya Festival Cap Go Meh memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap pelaku ekraf di Singkawang.

"Saya melihat dampaknya luar biasa, karena UMKM kita di Kota Singkawang ini merasakan peningkatan pemasukan," katanya.

Baca Juga:
Kemenparekraf Bersama KAI dan Astindo Hadirkan "Bundling Paket Wisata Kereta Api"

Dia mengatakan, peningkatan pendapatan ini dipicu kedatangan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia ke Singkawang untuk merasakan suasana Cap Go Meh yang dipenuhi dengan berbagai suguhan atraksi dan kuliner yang unik dan menarik. 

Tentunya, mereka tidak akan pulang ke daerah masing-masing dengan tangan kosong.

"Mereka akan pulang membawa oleh-oleh berupa kuliner, baju, dan kerajinan tangan. Ini dampak langsung yang dirasakan, permintaan meningkat dan pembukaan lapangan kerja," ujar dia.

Dalkesempatan itu, Sandiaga menyempatkan diri mengunjungi Kuil Dewi Kwan Im, mencicipi kuliner khas Singkawang di area foodcourt Cap Go Meh, dan menyaksikan lelang barang-barang unik bersama Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; dan Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Yohanes De Brito Titus Haridjati. 

Turut Hadir pula Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari; dan Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro. (omy)