Layanan Penumpang Prioritas di Kereta Whoosh, KCIC Siagakan Petugas Pendamping hingga ke Stasiun Tujuan

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 27/Feb/2024 10:16 WIB
Petugas melayani penumpang prioritas di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. (Ist) Petugas melayani penumpang prioritas di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus, tidak perlu khawatir untuk menggunakan layanan Kereta Cepat Whoosh. 

Hal tersebut dikarenakan KCIC telah menyiagakan petugas di berbagai titik untuk membantu penumpang prioritas atau Key Passenger yang akan menggunakan layanan Whoosh.

Baca Juga:
Hari Terakhir Cuti Bersama Lebaran, Volume Penumpang Whoosh Meningkat Sekitar 40 Persen

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, petugas KCIC memiliki prosedur khusus dalam menangani Key Passenger. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan Whoosh dapat dinikmati oleh semua kalangan.

"KCIC memprioritaskan penumpang yang membutuhkan penanganan khusus seperti penyandang disabilitas, lansia, anak anak tanpa pendamping, ibu hamil dan menyusui hingga orang yang bepergian dalam kondisi sakit bisa memanfaatkan layanan khusus ini. Petugas akan membantu Key Passenger agar dapat menggunakan layanan Whoosh dengan nyaman," ujar Emir.

Baca Juga:
KCIC: Penumpang Whoosh Masih Ramai pada H+3 Lebaran, Lonjakan Pengguna Diprediksi Sampai Lebih dari 20 Ribu

Untuk mendapatkan layanan tersebut setibanya di stasiun, Key Passenger dapat langsung menghubungi petugas Passenger Service At Platform, Security, atau Supervisor Stasiun. Nantinya petugas akan menanyakan kebutuhan dan detail perjalanan penumpang tersebut.

Kemudian petugas akan mendampingi penumpang tersebut hingga diterima oleh Kondektur maupun Pramugari Whoosh untuk diantarkan ke kursi yang telah dipesan. Saat tiba di stasiun tujuan, melalui kordinasi yang telah dilakukan, akan ada petugas khusus yang menyambut dan mengantarkan Key Passenger sampai meninggalkan area stasiun. 

Baca Juga:
KCIC: H+3 Lebaran Masih Ramai, Penumpang Diperkirakan Lebih dari 20 Ribu

Selain layanan dari petugas, KCIC juga sudah mempersiapkan fasilitas stasiun dan kereta agar nyaman digunakan oleh key passenger. Fasilitas seperti lift, escalator, kursi prioritas, guiding block, toilet khusus, dan berbagai layanan lainnya untuk mempermudah key passenger.

Emir menambahkan, sebagai moda transportasi modern yang selalu mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang, fasilitas khusus ini sangatlah penting untuk memastikan semua penumpang Whoosh dapat terlayani dengan baik dan optimal. 

Penumpang dikatakan Emir, tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan dari petugas di setiap stasiun. Petugas akan membantu semaksimal mungkin agar penumpang merasa nyaman.

“Di tengah masyarakat, ada juga saudara kita yang memerlukan asistensi khusu agar bisa memperoleh kesamaan hak untuk bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Karena itu kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk semua penumpang termasuk key passenger ini,” tutup Emir.(fhm)