Sah, KMP. Wira Samaeri Lintas Padang-Kepulauan Mentawai Mulai Berlayar

  • Oleh : Naomy

Selasa, 27/Feb/2024 10:49 WIB
Peresmian pelayaran Padang-Kepulauan Mentawai Peresmian pelayaran Padang-Kepulauan Mentawai

 

PADANG (BeritaTrans.com) – Sah, KMP. Wira Samaeri lintas Padang - Kepulauan Mentawai di Pelabuhan Teluk Bungus Padang, mulai berlayar, Senin (26/2/2024).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Barat, Muhammad Majid beserta Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meresmikan pengoperasiannya. 

KMP. Wira Samaeri milik PT Wira Jaya Logitama tersebut menjalankan pelayaran perdananya pada pukul 19.02 WIB, mengangkut 19 penumpang yang terdiri dari empat penumpang kelas bisnis, 10 penumpang ekonomi, dua pengemudi, dan tiga penumpang bebas tiket.

Selain itu, kapal ini juga mengangkut dua  unit kendaraan.

"Kehadiran KMP. Wira Sameiri melengkapi pelayanan kapal penyeberangan yang telah beroperasi sebelumnya, sehingga rute Padang - Mentawai bisa diakses masyarakat selama tujuh hari dalam seminggu," ujar Majid.

Dia berharap dengan adanya penambahan armada KMP. Wira Samaeri pada lintasan Padang ke Kepulauan Mentawai, dapat menjadi salah satu strategi yang baik dalam memaksimalkan luasan gerbang perekonomian, pemerataan pembangunan di Provinsi Sumatera Barat, sekaligus memajukan wisata di Kepulauan Mentawai.

“Besar harapan kita semua untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas pelayanan penyeberangan sehingga penggunaan angkutan penyeberangan berupa ferry roro menjadi pilihan prioritas bagi Masyarakat yang memiliki destinasi Kepulauan Mentawai," katanya.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengungkapkan, kehadiran KMP. Wira Samaeri merupakan wujud kepedulian pemerintah dan swasta terhadap perekonomian Sumatera Barat. 

Oleh karenanya, langkah ke depan yang perlu ditata dan dipastikan adalah peningkatan arus pengiriman orang dan barang dari Padang menuju Mentawai dan sebaliknya.

Sebagaimana harapan Bapak Presiden saat berkunjung ke Mentawai akhir tahun lalu, akses transportasi perlu terus dikembangkan, karena akan semakin memurahkan dan memudahkan pembiayaan masyarakat. 

Oleh karena itu, kita juga mengimbau pedagang dan pengusaha, untuk meningkatkan produktivitas usahanya dari dan menuju Mentawai.

Kapal komersil ini melayani lintasan Padang menuju Kepulauan Mentawai ini dihadiri juga oleh Asisten II Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, General Menager PT Wira Jaya Logitama Lines, Perwakilan Pom Lantamal II Padang, Perwakilan Basarnas Padang, Perwakilan Polresta Padang, Kepala PT Jasa Raharja Sumatera Barat, General Menager PT Pertamina (Persero) Padang. 

Hadir juga General Menager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Padang, Kasi Sarana dan Angkutan Jalan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan, dan Kasi Lalu Lintas Jalan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan BPTD Kelas II Sumatera Barat. (omy) 

Tags :