InJourney Bersama BRI Lakukan Tanam Pohon di Pesisir Danau Toba Jelang F1Powerboat 2024

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 02/Mar/2024 08:34 WIB
InJourney Bersama BRI melakukan penanaman Pohon di Pesisir Danau Toba di Jumat (1/3/2024). InJourney Bersama BRI melakukan penanaman Pohon di Pesisir Danau Toba di Jumat (1/3/2024).

BALIGE (BeritaTrans.com) - Menjelang pelaksanaan F1Powerboat 2024 di Danau Toba, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyelenggarakan aksi penanaman seribu pohon di Pesisir Danau Toba tepatnya di Desa Silalahi, Pagar Batu Dusun 3, Jumat, 1 Maret 2024. 

Aksi penanaman seribu pohon ini merupakan bentuk komitmen dari InJourney dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dengan mewujudkan nilai-nilai green and sustainable tourism. 

“Kami menyadari bahwa menjaga lingkungan sekitar Danau Toba sangat penting untuk merawat destinasi pariwisata ini agar berkesinambungan dan menjadi bagian untuk upaya mencapai target net zero emission (NZE),” kata Yudhistira Setiawan, Pgs Senior Vice President of Corporate Secretary InJourney. 

Kolaborasi antara BRI dan InJourney dalam F1Powerboat juga komitmen untuk mewujudkan pariwisata yang rendah karbon untuk membantu  mewujudkan target NZE tahun 2060 sebagaimana ditetapkan pemerintah. Upaya ini merupakan wujud untuk mendorong pariwisata yang berorientasi pada dampak jangka panjang bagi sektor sosial, ekonomi, serta lingkungan.

“Apreasiasi dan terima kasih kepada InJourney yang telah menginisiasi aksi tanam seribu pohon ini di tengah-tengah penyelenggaraan event ajang balap internasional F1Powerboat 2024 di Danau Toba. Suatu kehormatan bagi BRI dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan hal ini tak hanya sebagai bentuk dukungan financial namun juga sebagai investasi jangka panjang dalam pelestarian lingkungan dan berkelanjutan,” ujar Branch Manager BRI Kota Balige, Adi Prasetia. 

InJourney juga mengajak tim ofisial dari H2O Racing Management, racers dan delegasi F1Powerboat untuk bersama-sama juga melakukan aksi penanaman pohon. Paolo Di San Germano, representasi dari H2O Racing Management mengungkapkan rasa bangganya dengan inisiasi program penanaman seribu pohon ini. 

“Ketika saya pertama kali ke Toba, saya melihat 2 warna yaitu birunya langit dan laut serta hijaunya bukit dan gunung yang mengelilingnya. Hal ini membuktikan bahwa Danau Toba memiliki komposisi environment yang sangat bagus dan mempesona. Ketika kita melakukan aksi balap di lokasi ini kita juga sadar bahwa kita harus menghargai lingkungan dan ini telah menjadi prioritas kami,” ujar Paolo. 

Paolo berharap aksi ini terus dilakukan sebagai bentuk kontribusi untuk lingkungan dan menjadikannya sebagai legacy kita bersama yang dapat berdampak langsung bagi lingkungan, masyarakat, dan juga pariwisata yang berkelanjutan. 

Perlu diketahui, Bibit tanaman yang ditanam pada kegiatan kali ini adalah alpukat, coklat, cengkeh, kopi, dan durian. 

Prosesi acara berlangsung dihadiri oleh sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Rustam Afendi; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balige, Dr Rajaipan Sinurat; Kepala Desa Silalahi, Herdy Silalahi; Branch Manager BRI Balige Adi Prasetya Wardana; serta representatif H2O Management Paulo Di San Germano, beberapa racer dan delegasi F1H2O.(fhm/omy)