Menhub Resmikan Pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot

  • Oleh : Naomy

Senin, 04/Mar/2024 13:52 WIB
Peresmian Biskuta Kota Bekasi Peresmian Biskuta Kota Bekasi

 

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot, di Halte BTS Mall Sumarecon Bekasi, Ahad (3/3/2024). 

Baca Juga:
Menhub Naik Transjakarta, Dorong Daerah Tingkatkan Transportasi Umum

Menhub berharap, kehadiran Biskita Trans Bekasi dapat mengoptimalkan angkutan umum massal di Kota Bekasi karena sudah terintegrasi dengan angkutan umum massal lainnya yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Rel Listrik (KRL).

“Kami harap masyarakat yang tadinya naik mobil pribadi pindah ke angkutan umum massal perkotaan sehingga tidak macet, tidak ada polusi. Mereka yg bepergian ke kantor di Jakarta juga fresh, tidak stres dan juga lelah,” ujar Menhub. 

Baca Juga:
Sidak Bus Pariwisata di Ragunan, Menhub Temukan Armada Tidak Laik Operasi

Biskita Trans Bekasi Patriot merupakan  layanan angkutan umum massal berskema pembelian layanan (Buy The Service/BTS) di Kota Bekasi, yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek. Saat ini, Biskita Trans Bekasi Patriot melayani satu koridor yaitu Summarecon Bekasi – Vida Bantar Gebang via Revo Mall (Stasiun LRT Bekasi Barat). 

Ke depan, direncanakan terdapat total empat koridor Biskita Trans Bekasi Patriot.

Baca Juga:
Kemenhub Dukung Penyediaan Kendaraan Listrik di Kawasan IKN

“Pak Presiden menyatakan bahwa angkutan umum massal perkotaan adalah suatu keharusan. Kerugian karena tidak adanya atau tidak digunakannya angkutan massal itu ratusan triliun. Oleh karenanya pemerintah menginisiasi MRT, LRT, Kereta Cepat, lalu sebagai pendukung BTS dan feeder yg harus dilakukan,” ujar Menhub.

Peresmian Biskita Trans Bekasi Patriot menjadi salah satu stimulan pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan melalui skema Buy The Service (BTS). Skema tersebut dilakukan dengan membeli layanan transportasi umum yang memenuhi standar pelayanan minimal mulai dari aspek kenyamanan, keamanan, keselamatan, keterjangkauan, serta kesetaraan.

Bekasi merupakan kota ke-12 yang telah menerapkan layanan BTS. 

Kota-kota lain yang telah lebih dulu menerapkan BTS antara lain Bogor, Palembang, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung dan Surabaya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kepala BPTJ Suharto, Pj. Walikota Bekasi Ghani Muhamad, Forkopimda Kota Bekasi, serta para kepala Dinas Perhubungan. (omy)