Diikuti Asosiasi dan Mitra, Pelindo Sunda Kelapa Gelar Apel Bulan K3 Nasional

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 06/Mar/2024 08:44 WIB
Foto:istimewa/Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Foto:istimewa/Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT. Pelabuhan Indonesia Regional 2 Sunda Kelapa menggelar Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024.

Baca Juga:
Peringati Bulan K3, Pelindo Sunda Kelapa Gelar Gerakan Pekerja Sehat

Pelaksanaan Apel Bulan K3 tersebut, dihadiri oleh para Asosiasi dan Mitra Pengguna Jasa Pelabuhan Sunda Kelapa.

Bulan K3 Nasional diperingati selama sebulan penuh. Terhitung sejak, 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024, diselenggarakan serentak di seluruh tanah air Indonesia.

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Amankan Aset Negara Senilai Rp138 Miliar

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa, Aries Wibowo selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia. Dalam penyampaiannya, Aries Wibowo menyebut, pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, tidak hanya mengusung penyusunan regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan. Namun, yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan.

“Salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang baik. Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja,” ucapnya saat memimpin Apel Bulan K3 Nasional Tahun 2024 di Lapangan Kantor PT. Pelabuhan Indonesia Regional 2 Sunda Kelapa, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga:
Program TJSL, Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Tanam Mangrove Seluas 7,5 Hektar di Pesisir Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Aries Wibowo juga menambahkan dalam sambutannya bahwa “Keberhasilan program K3 akan menekan kerugian, meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia, sangat membantu menunjang oembangunan nasional, peningkatan daya saing nasional untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan serta peningkatan daya saing nasional di era global” ujarnya. 

Dalam acara Apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 juga dilaksanakanan penandatanganan kesepakatan Bersama antara – PT. Pelabuhan Indonesia Regional 2 Sunda Kelapa dengan KSOP Kelas III Sunda Kelapa, PT. Energi Pelabuhan Indonesia, Polsek KP3 Kawasan Sunda Kelapa, DPC APBMI Sunda Kelapa, DPC INSA Sunda Kelapa, DPC ISAA Sunda Kelapa, DPC Pelra Sunda Kelapa, KTKBM Sunda Kelapa, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Wilayah Kerja Sunda Kelapa, dan Kopegmar Sunda Kelapa dalam rangka menjaga system manajemen keselamatan dan Kesehatan kerja dalam rangka bulan bakti K3 nasional tahun 2024.(ahmad)