Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

  • Oleh : Naomy

Minggu, 10/Mar/2024 10:49 WIB
Menhub di Bandara Kertajati Menhub di Bandara Kertajati


MAJALENGKA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau kondisi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, untuk mengecek kesiapan fasilitas penerbangan itu dalam menghadapi musim mudik Lebaran 2024.

"Ini adalah satu upaya. Kami diperintahkan Pak Presiden Jokowi kalau mudik ini harus lancar dan tidak ada masalah," tutur Menhub di BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:
Menhub Pastikan Bandara Juanda Surabaya Siap Layani Penerbangan Jemaah Haji

Dalam kunjungannya, Menhub melihat beberapa fasilitas di bandara tersebut seperti yang berada pada areal kedatangan maupun keberangkatan penumpang.

Secara keseluruhan, menurutnya, berbagai fasilitas yang tersedia sudah cukup bagus. 

Baca Juga:
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional

Dengan demikian, dipastikan bandara tersebut mampu menghadapi lonjakan penumpang selama mudik berlangsung.

Menhub menjelaskan dalam peninjauan, pihaknya mengundang instansi terkait seperti Korlantas Polri, PT Angkasa Pura II, pengelola jalan tol serta lainnya guna menyusun skema bersama yang diterapkan guna kelancaran mudik tahun ini.

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Kolaborasi dan sinergisitas sangat diperlukan agar masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman melalui BIJB Kertajati dan sarana lainnya, bisa sampai dengan aman serta selamat.

"Seperti biasanya, mudik itu akan lancar kalau kita berkolaborasi. Saya memang sebagai leading sector, tetapi yang terlibat," ujarnya.

Selain bandara, Menhub meninjau lokasi yang menjadi titik pertemuan arus kendaraan pada ruas Jalan Tol Cisumdawu dan Cipali khususnya di KM 152.

Bersama seluruh stakeholder yang terlibat menyusun langkah antisipasi berupa rekayasa lalu lintas, supaya peningkatan volume kendaraan di ruas tol tidak menimbulkan masalah pada mudik nanti.

"Dari Cisumdawu kemudian ke Cipali, karena dalam pemetaan kita tempat ini adalah tempat yang kemungkinan punya masalah. Tapi kita antisipasi, mudah-mudahan bisa teratasi," katanya.

Sementara Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda menyampaikan dalam waktu dekat, pihaknya akan mendirikan posko dan menambah personel untuk menghadapi musim angkutan mudik Lebaran 2024.

Nuril menambahkan langkah itu dilakukan guna memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal bagi penumpang, khususnya selama berada di Bandara Kertajati. 

"Untuk arus mudik perkiraan dimulai 25 Maret 2024. Jadi memang persiapan seperti biasa di bandara Angkasa Pura lainnya. Kita menyiapkan semuanya. Termasuk tambahan personel 10-20 persen dari tim gabungan," ucapnya. (soleh)