DJKA: Perawatan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung, Sudah Bisa Digunakan Penumpang

  • Oleh : Naomy

Kamis, 14/Mar/2024 06:18 WIB
Eskalator di Peron II dan 12 Stasiun Manggarai Eskalator di Peron II dan 12 Stasiun Manggarai

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan memastikan bahwa eskalator pada Stasiun Manggarai sudah dapat dioperasikan pascaperawatan dan optimal melayani penumpang. 

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta (BTP Jakarta) Ferdian  Suryo Adhi Pramono menyampaikan, perbaikan sebagai hasil tindak lanjut dari Uji Pemeriksaan terhadap sejumlah eskalator Stasiun Manggarai sudah selesai.

Baca Juga:
Atasi Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai, KAI Bakal Tambah 18 KRL

"Uji Pemeriksaan dilaksanakan agar mengetahui secara menyeluruh terkait perbaikan yang dibutuhkan agar dapat memastikan eskalator dapat berfungsi secara maksimal," ujar Ferdian, Rabu (13/3/2024). 

Pihaknya telah menindaklanjuti arahan dari hasil Uji Pemeriksaan yang dilakukan bekerjasama dengan pihak Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja. 

Baca Juga:
Insiden Eskalator di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

Untuknya, saat ini dua eskalator tersebut yakni di peron II dan 12sudah difungsikan kembali. 

Adapun beberapa aktivitas yang telah dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari hasil Uji Pemeriksaan antara lain merupakan komponen-komponen penggerak eskalator. 

Baca Juga:
DJKA Pastikan Perawatan Eskalator Stasiun Bekasi Rampung Bulan Ini

Selain terkait perbaikan yang perlu dilakukan, PJK3 juga menyarankan agar operator dapat memperhatikan perawatan secara berkala serta mengatur kapasitas flow penumpang yang menggunakan eskalator dimaksud. 

Pascaperawatan, Ferdian berharap masyarakat pengguna jasa layanan kereta api yang beraktivitas di Stasiun Manggarai dapat terlayani dengan baik. 

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dirasakan penumpang akibat adanya kegiatan perawatan ini,” kata Ferdian.

Sebagai langkah antisipasi ke depan, menurutnya, akan dilakukan Uji Pemeriksaan terhadap seluruh perangkat lift & eskalator pada enam stasiun (Manggarai, Matraman, Jatinegara, Bekasi, Tambun, Cikarang) yang masih dalam tanggung jawab BTP Jakarta. 

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan perawatan berupa overhaul/ rekondisi terhadap perangkat lift & eskalator yang membutuhkan perbaikan. 

“Persetujuan terkait anggaran perawatan tersebut telah disetujui minggu lalu dan akan segera kami tindaklanjuti dengan mekanisme yang berlaku dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” ungkap dia.

Ferdian juga menyampaikan bahwa telah dilaksanakan pembahasan bersama PT KAI (Persero) dan PT KCI selaku operator terkait pengelolaan stasiun.

“Pembahasan tersebut bertujuan untuk dapat lebih mengefektifkan pelayanan serta tentunya agar dapat memaksimalkan pelayanan bagi penumpang di stasiun–stasiun komuter yang ada di bawah lingkup wilayah pengawasan BTP Jakarta,” sambungnya.

Dia juga mengajak masyarakat pengguna jasa layanan kereta api untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang telah disediakan. 

"Jika nanti ditemukan kendala lebih lanjut pada fasilitas yang ada, mohon agar dapat disampaikan ke kami agar dapat segera kami tindaklanjuti,” pungkas Ferdian. (omy)