Menparekraf Paparkan Realisasi Program dan Anggaran 2023 di Hadapan Komisi X DPR

  • Oleh : Naomy

Kamis, 14/Mar/2024 10:20 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung DPR Menparekraf Sandiaga Uno di Gedung DPR

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan realisasi program dan anggaran Kemenparekraf/Baparekraf sepanjang tahun 2023 dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR Rabu (13/3/2024).

Baca Juga:
BNI Java Jazz Festival 2024 Dinilai Mampu Dorong Pencapaian Target Kunjungan Wisman dan Wisnus

Menparekraf menyampaikan, ada beberapa target yang berhasil dicapai Kemenparekraf sepanjang 2023. 

"Di antaranya nilai devisa pariwisata yang telah mencapai 14 miliar dolar AS dari target 7,08-9,99 miliar dolar AS, kontribusi sektor parekraf terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 3,9 persen, dan nilai tambah ekonomi kreatif yang mencapai Rp1.414,77 triliun," ujar Menparekraf. 

Baca Juga:
Menprekraf: UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism, Momen Perkuat Kesetaraan Gender

Nilai tambah ekonomi kreatif sudah melampaui angka Rp1.414,77 triliun. Ini adalah angka yang sangat fantastis dan ini menunjukkan ekonomi kreatif adalah lokomotif masa depan ekonomi Indonesia.

Selain itu, sepanjang 2023, Kemenparekraf menurutnya, mencatat ada 11,68 juta kedatangan wisatawan mancanegara. 

Baca Juga:
Industri Pariwisata Indonesia Peraih ASEAN Tourism Awards Diapresiasi Sandiaga

"Angka ini melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu 6 juta-8,5 juta kedatangan," ungkapnya.

Jumlah tenaga kerja pariwisata sebanyak 24,41 juta dan tenaga kerja ekonomi kreatif mencapai 24,92 juta. 

"Kalau secara total ini ada hampir 50 juta tenaga kerja yang dihasilkan oleh sektor parekraf kita," katanya.

Tidak hanya itu, sepanjang 2023 Kemenparekraf juga berhasil memeroleh 10 penghargaan. Ke-10 penghargaan tersebut mencakup penghargaan predikat memuaskan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kemenpan-RB, Top Government Relation Public Award 2023, dan Peringkat Pertama Anugerah Penghargaan Reksa Bandha 2023.

Kemudian Predikat Sistem Merit Sangat Baik Komisi ASN, Predikat Kualitas Pengisian JPT Sangat Baik Komisi ASN, Predikat Informatif di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023, Penghargaan Tata Kelola Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dari BSN (Badan Standardisasi Nasional).

Peringkat A dalam Pengawasan Kearsipan Elektronik ANRI, Best Tourism Village dari UN Tourism, dan ASEAN Awards.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengapresiasi capaian Kemenparekraf/Baparekraf di sektor parekraf sepanjang 2023. 

Dia juga mengapresiasi keberhasilan Kemenparekraf/Baparekraf merealisasikan pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp3.336.778.598 atau 98,38 persen dari pagu anggaran yang telah ditentukan yaitu Rp3.391.831.213.000.

"Saya mendorong Kemenparekraf untuk menyusun rencana strategis dan kajian lebih lanjut demi memperkuat sektor parekraf Tanah Air. Salah satunya melalui strategi komprehensif untuk menjadikan berbagai event nasional dan internasional sebagai potensi dalam mendukung ekraf sebagai tulang punggung perekonomian nasional," beber Syaiful.

Selain Menparekraf, rapat ini juga dihadiri  Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani; dan sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. (omy)