KAI Raih Penghargaan BUMN dengan Inovasi Bisnis Terbaik dan Strategi Pertumbuhan Perusahaan Terbaik

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 14/Mar/2024 16:46 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Terbaik Pertama Perusahaan BUMN dengan katagori "Inovasi Bisnis Perusahaan Terbaik" dan Terbaik Kedua Perusahaan BUMN dengan kategori 'Strategi Pertumbuhan Perusahaan Terbaik' dalam ajang Anugerah BUMN 2024 yang digelar BUMN Track, didukung PPM Manajemen di Hotel Westin, Jakarta pada Rabu (13/3/2024). 

Penghargaan tersebut diterima oleh EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mewakili manajemen KAI.

Baca Juga:
KAI Meriahkan Festival Jelajah Kuliner Nusantara dengan Hadirkan UMKM Binaan serta Diskon Tiket KA

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, pelanggan, dan semua pihak yang telah mendukung kami sehingga KAI meraih 2 penghargaan ini. KAI berkomitmen untuk terus bekerja keras dan berinovasi demi mewujudkan visi KAI: Menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Inovasi bisnis yang KAI terapkan mencerminkan kemampuan KAI untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan. Sehingga layanan KAI akan tetap relevan dengan perubahan zaman.

Baca Juga:
Paten! Kereta Api KAI Divre I Sumut Kembali Angkut Jemaah Haji Labuhanbatu

Pada sektor angkutan penumpang, KAI telah berhasil melaksanakan serangkaian inovasi. Melalui digitalisasi dan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI) dan big data, KAI berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan layanan kepada pelanggan. 

Tak hanya itu, KAI juga tengah mengeksplorasi ekspansi pasar global dengan kerja sama internasional untuk mempermudah pembelian tiket KAI di luar negeri. Dalam upaya untuk menarik lebih banyak segmen pasar, KAI telah meluncurkan kelas layanan premium dan mengembangkan lini bisnis baru, serta menjalin kolaborasi strategis dan memperkenalkan model bisnis terintegrasi dengan teknologi digital.

Baca Juga:
Libur Panjang Waisak, KAI Wisata Berikan Promo Ameizing Trip dan Shower & Locker

Sementara itu, di sektor angkutan barang, KAI memiliki rencana ambisius untuk terus meningkatkan bisnisnya melalui inovasi. 

KAI terus memanfaatkan digitalisasi dan otomatisasi untuk mengoptimalkan operasional, serta menerapkan pemeliharaan prediktif dan solusi ramah lingkungan untuk layanan yang lebih andal dan berkelanjutan. Tak hanya itu, integrasi antarmoda dan layanan logistik yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan akan menjadi fokus utama KAI, sambil terus menjajaki peluang baru di pasar regional dan meningkatkan keberlanjutan dalam setiap langkah KAI.

Pada kesempatan yang sama, anak perusahaan KAI yakni KAI Logistik dan KAI Wisata juga memperoleh penghargaaan. KAI Logistik sebagai Terbaik Kedua Anak Perusahaan BUMN dengan Inovasi Bisnis Perusahaan Terbaik dan KAI Wisata sebagai Terbaik Ketiga Anak Perusahaan BUMN dengan Transformasi Digital Perusahaan Terbaik.

Di samping itu, Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah didapuk sebagai Best CEO as Special Freight Forwarding Company dan Direktur Utama KAI Wisata Hendy Helmy didapuk sebagai Best CEO in Developing Train Tourism Experience.

CEO BUMN Track SH Sutarto menjelaskan, sebanyak 105 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2024. Jumlah ini mengecurut menjadi 86 perusahaan yang lolos seleksi tahap kedua berupa presentasi korporasi.

“Melalu ajang Anugerah BUMN 2024, BUMN Track sebagai media yang sudah terverifikasi Dewan Pers turut berperan mengkomunikasikan kinerja positif BUMN baik dari sisi strategi transformasi, inovasi, pengelolaan talent, implementasi tata kelola perusahaan hingga pengembangan UMKM,” ungkap SH Sutarto. (Fhm)