Konsistensi IPC TPK Pastikan Keamanan dan Keselamatan Kerja

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 15/Mar/2024 18:00 WIB
Foto:istimewa/IPC TPK Foto:istimewa/IPC TPK

JAKARTA (BeritaTrans.com) – IPC Terminal Petikemas/IPC TPK salah satu operator terminal petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia secara konsisten berupaya memastikan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja di area operasional.

Baca Juga:
IPC TPK Perkuat Safety Operation melalui QHSE Forum

Keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja menjadi salah satu kunci kelancaran proses bongkar muat petikemas dan arus barang di pelabuhan. Salah satu upaya dilakukan dengan menggelar Drill Gabungan bersama stakeholder, anak usaha Pelindo Group, petugas keamanan dan mitra yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok (5/3).

“IPC TPK terus berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman salah satunya melalui kegiatan drill gabungan dimana dilakukan simulasi tanggap darurat yang terjadi di wilayah operasional. Pelabuhan harus aman dan bebas gangguan demi kelancaran distribusi barang. Drill gabungan penting dalam menyamakan presepsi dan mengedukasi seluruh stakeholder terkait.” ujar Guna Mulyana, Direktur Utama IPC TPK.p

Baca Juga:
IPC TPK Lepas Keberangkatan Ratusan Pemudik Gratis Bersama BUMN Pelindo 2024

Rangkaian drill gabungan ini diantaranya apel pagi, penyelamatan Operator, pemadaman api kebakaran dan pelatihan penggunaan APAR pada situasi kebakaran. Kegiatan tersebut adalah upaya mengetahui teknik penyelamatan dan penggunaan APAR pada saat situasi kejadian. Kegiatan dimulai dengan apel bersama antara IPC TPK, PT Pelabuhan Tanjung Priok, Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Security Pelindo Daya Sejahtera, Mitra Perusahaan Bongkar Muat IPC TPK serta pemadam kebakaran Pelabuhan Tanjung Priok. Apel pagi dipimpin oleh Pelindo Regional 2 Tanjung Priok. Dihadiri oleh Manager Area Tanjung Priok 1 IPC TPK Hermana Widhyohadi, Perwakilan Manajemen PT Pelabuhan Tanjung Priok, Perwakilan Manajemen Pelindo Regional 2 Tanjung Priok serta 100 personel keamanan yang terdiri dari Petugas HSSE, Pemadam Kebakaran dan Security.

Baca Juga:
Kerahkan 10 Bus, IPC TPK Berangkatkan 500 Pemudik Gratis

Tahun sebelumnya IPC TPK menggelar kegiatan Exercise ISPS Code di Pelabuhan Tanjung Priok. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan simulasi penanggulangan keamanan Pelabuhan dari perompak/oknum yang masuk ke Pelabuhan tanpa ijin yang bertujuan untuk mengganggu operasional dan keamanan Pelabuhan. Dengan demikian, kegiatan simulasi ini menjadi agenda rutin IPC TPK dalam persiapan penanggulangan bencana maupun keamanan Pelabuhan.

"Dengan diselenggarakannya Drill Gabungan tersebut diharapkan Tim Tanggap Darurat dapat melakukan tindakan yang tepat dalam menanggulangi kondisi darurat di wilayah Pelabuhan dengan koordinasi dan komunikasi yang tepat.” tutup Guna. (ahmad) 

Tags :