Dukung Kemenhub, KAI Berkomitmen Hadirkan Angkutan Lebaran sesuai Slogan ``Mudik Ceria Penuh Makna``

  • Oleh : Redaksi

Senin, 18/Mar/2024 18:24 WIB
Foto/dok.KAI Foto/dok.KAI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berkomitmen menghadirkan Angkutan Lebaran melalui kereta api yang menyenangkan, sehingga pelanggan memiliki kesan yang penuh makna. 

Hal ini sesuai dengan slogan yang telah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) luncurkan untuk Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni “Mudik Ceria, Penuh Makna”.

Baca Juga:
Masa Libur Panjang Weekend hingga Idul Adha, Kereta Whoosh Padat Penumpang Rombongan

“KAI terus meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api untuk mudik dan balik. Di samping itu, kami juga mengintensifkan koordinasi dengan seluruh stakeholder jelang angkutan Lebaran 2024,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Senin (18/3/2024).

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran ini, KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub telah melaksanakan Ramp Check atau Inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik sarana perkeretaapian maupun stasiun di seluruh wilayah kerja KAI.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 9 Kereta Api Tambahan Selama Libur Panjang Idul Adha

Sebelum terlaksananya Angkutan Lebaran, jajaran Komisaris dan Direksi KAI bersama dengan stakeholders juga melaksanakan kegiatan inspeksi bersama dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi. 

Di samping itu, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran, KAI menempatkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit, dan crane pada titik yang ditentukan. Serta meningkatkan pengawasan, safety talk, inspeksi, walkthrough, dan lain-lain.

Baca Juga:
Sambut Libur Panjang Anak Sekolah, Operasional Kereta Commuter Line Basoetta Ditambah

Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan pada periode Angkutan Lebaran 2024, KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan sebanyak 150 orang di 33 stasiun serta 728 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta.

“Untuk semakin memberikan kesan momen Lebaran, KAI juga akan memberikan promo tiket, doorprize dan merchandise for Kids, serta menghadirkan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api. Kami berharap, perjalanan kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna,” kata Joni.

Berdasarkan pantauan data pada Senin (18/3) pkl 10.00, tiket KA Jarak Menengah/Jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 1.526.012 tiket atau 47% dari total tiket yang disediakan sebanyak 3.252.471 tiket. Jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

KA-KA Jarak Menengah/Jauh favorit untuk periode Angkutan Lebaran sbb:
1. KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi (PP) 
2. KA Bengawan relasi Pasarsenen - Purwosari (PP) 
3. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang (PP)
4. KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar (PP) 
5. KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng (PP)
6. KA Matarmaja relasi Pasarsenen - Malang (PP) 
7. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen - Surabaya Pasarturi  (PP) 
8. KA Jayakarta relasi Pasarsenen - Surabaya Gubeng (PP) 
9. KA Logawa relasi Purwokerto - Jember (PP)
10. KA Progo relasi Pasarsenen - Lempuyangan (PP).
(Fhm)