Bersama BPTJ, Komisi V DPR Tinjau Kesiapan Angleb di Terminal Baranangsiang & Poris Plawad

  • Oleh : Naomy

Rabu, 20/Mar/2024 19:53 WIB
Kunker spesifik Komisi V DPR ke Terminal BPTJ Kunker spesifik Komisi V DPR ke Terminal BPTJ

 

BOGOR (BeritaTrans.com) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menerima kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR di Terminal Tipe A Baranangsiang dan Terminal Tipe A Poris Plawad, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

Kunker ini untuk melihat secara langsung kesiapan sarana dan prasarana terminal untuk menghadapi masa angkutan Lebaran (angleb) 2024.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR ke Terminal Baranangsiang Ridwan Bae menjelaskan, ini sangat penting karena Provinsi Jawa Barat akan menjadi daerah tujuan dan lintasan mudik 2024. 

Baca Juga:
BPTJ Gelar Rapat Persiapan Operasi Angleb 2024 di Wilayah Jabodetabek

"Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, Potensi pergerakan nasional pada masa angleb kurang lebih 193 juta orang dengan potensi pergerakan di Pulau Jawa dengan perjalanan menggunakan moda darat yang melewati provinsi Jawa Barat," urainya. 

Tingginya mobilitas penumpang pada masa mudik lebaran tahun ini, maka pihaknya memandang beberapa hal perlu menjadi perhatian serius dari semua pihak dalam penyelenggaraan mudik lebaran.

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Aspek pertama yang perlu menjadi perhatian adalah keterjaminan faktor keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kualitas pelayanan merupakan hal utama dan prioritas dari semua pihak yang berwenang dalam penyelenggaraan angkutan mudik lebaran tahun ini. 

"Kedua terkait koordinasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah sebagai regulator dengan para operator transportasi dalam pengendalian dan penyelenggaraan angkutan mudik lebaran," ungkapnya.  

Kemudian yang ketiga pemenuhan standar layanan minimum angkutan umum massal dalam rangka mendukung kelancaran, keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. 

Terakhir adalah permasalahan yang sering terjadi setiap tahun, antara lain kemacetan, kecelakaan, dan hambatan di ruas jalan nasional dan jalan tol dapat diantisipasi serta perlu meningkatkan aspek pencegahan daripada fokus di aspek penanganan di masa penyelenggaraan angleb.

Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono menjelaskan, dalam menghadapi musim mudik lebaran tahun 2024, pihaknya melakukan sejumlah langkah antisipasi dan pencegahan.

“Kami akan melakukan pendataan jumlah penumpang dan bus yang masuk dan keluar terminal. Kemudian kami juga akan melakukan pemeriksaan teknis dan laik jalan bus yang akan dioperasionalkan oleh petugas ramp check," jelasnya. 

Selain itu pihaknya juga akan menjamin kesehatan awak dan penumpang bus melalui pemeriksaan kesehatan yang dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja. 

Sementara itu di Terminal Poris Plawad, Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR Andi Iwan Darmawan berharap, dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Sejauh ini kami melihat kesiapan fasilitas terminal seperti toilet dan ruang tunggu sudah tersedia dengan cukup baik, namun kami juga berharap BPTJ dapat lebih meningkatkan fasilitas Terminal agar dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat sehingga dapat menarik masyarakat untuk naik bus dari terminal,” katanya. 

Andi mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan angkutan jalan, baik bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) agar naik/turun di terminal bus yang resmi.

“Bagi masyarakat pengguna bus khususnya bus AKAP/AKDP, agar memanfaatkan terminal bus yang resmi sebagai tempat untuk berangkat mudik ke kampung halaman. Bus yang diberangkatkan dari terminal resmi, akan lebih terjamin kelaikannya karena mendapat pengawasan dari petugas terminal,” tegas Andi. (omy)