KAI Commuter Siapkan Layanan Angkutan Lebaran untuk Pengguna KRL hingga Commuterline Antar-Kota

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 22/Mar/2024 14:03 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter berkomitmen untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan Angkutan Lebaran 1445 Hijriah atau tahun 2024 M.  

Dalam mudik kali ini KAI Commuter bersinergi dengan para stakeholders untuk mendukung Angkutan Lebaran Tahun 2024. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Setiap masa Angkutan Lebaran KAI Commuter melayani para pemudik lokal yang ada di wilayah operasional Jabodetabek dan sekitarnya, Bandung Raya, Yogyakarta dan Solo serta wilayah Surabaya. 

“KAI Commuter telah melakukan persiapan-persiapan untuk pelayanan kepada pemudik lokal yang menggunakan transportasi Commuter line”, kata Anne Purba selaku Corporate Secretary KAI Commuter, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Sistem integrasi juga terus dikembangkan, baik integrasi sistem pembayaran maupun akses integrasi di stasiun-stasiun commuter line dengan transportasi lanjutannya. Dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) yang sudah dapat digunakan di moda transportasi lain dan Aplikasi Access by KAI untuk di Wilayah Bandung, Yogyakarta-Kutoarjo dan Surabaya.

Penambahan-penambahan layanan juga akan dilakukan oleh KAI Commuter mulai dari petugas layanan dan pengamanan, fasilitas stasiun hingga penambahan perjalanan commuter line di Yogyakarta-Solo untuk melayani para pemudik lokal yang didominasi dengan pengguna musiman. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Untuk keselamatan petugas KAI Commuter secara rutin melakukan pengecekan kelayakan Operasi Sarana kereta. Di samping itu, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran, KAI Commuter menyiagakan Sarana Cadangan dan Sarana Khusus untuk antisipasi kendala operasional.

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna, KAI Commuter juga bekerjasama dengan TNI-Polri untuk menambahkan personilnya selama masa Angkutan Lebaran 2024 ini. 

Anne menyampaikan bahwa, KAI Commuter juga mengantisipasi tindak-tindak kejahatan yang terjadi di area stasiun maupun di dalam perjalanan commuter line.
 
Untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri, KAI Commuter juga akan mendekorasi 10 stasiun dengan tematik Idul Fitri baik di wilayah Jabodetabek, 4 stasiun di wilayah 6 Bandung dan Yogyakarta, serta 7 Stasiun di wilayah Surabaya.

Tak ketinggalan, pihak Anne juga melakukan renovasi penambahan fasilitas musala di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Fasilitas air minum gratis di stasiun-stasiun juga dapat dimanfaatkan pengguna dengan membawa botol atau tumbler sendiri.

KAI Commuter juga pada Ramadhan kali ini menggandeng komunitas dan rail fans berkolaborasi mensosialisasikan keselamatan kepada pengendara di pintu perlintasan sekaligus berbagi takjil untuk berbuka puasa. 

“Kegiatan sosial lainnya juga akan kami lakukan, dengan memberikan santunan kepada yang berhak menerima di Ramadhan ini. Tidak hanya di Jabodetabek tapi juga dilakukan wilayah operasional KAI Commuter lainnya”, ujar Anne. 

Selain itu terdapat pula kegiatan sahur on station di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung.

Sebagai informasi, sepanjang Maret 2024 KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 16.892.376 orang, Commuter Line Merak sebanyak 209.825 orang, Commuter Line Wilayah 2 Bandung sebanyak 809.670 orang, Commuter Line wilayah 6 sebanyak 407.984 orang dan Commuter Line Wilayah 8 Surabaya sebanyak 745.519 orang. Sedangkan volume pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 110.972 orang.

KAI Commuter siap menyambut dan melayani pengguna yang akan bermobilitas selama libur Lebaran tahun ini. 

“Mari jadikan mudik kali ini lebih bermakna dan tetap menggunakan angkutan publik khususnya commuter line untuk bersilaturahmi ataupun sekedar berwisata," tutup Anne.(fhm)