KA Airlangga Tertabrak 2 Mobil di Bekasi, Daop 1 Jakarta: Sejumlah Perjalanan KA Terganggu

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 23/Mar/2024 16:46 WIB
Lokasi tempat kejadian kecelakaan lalu lintas kereta api tertabrak dua unit mobil di Perlintasan Sebidang tidak berpenjaga di Bulak Kapal, Bekasi, Sabtu (23/3/2024). Lokasi tempat kejadian kecelakaan lalu lintas kereta api tertabrak dua unit mobil di Perlintasan Sebidang tidak berpenjaga di Bulak Kapal, Bekasi, Sabtu (23/3/2024).

BEKASI (BeritaTrans.com) - PT KAI Daop 1 Jakarta menyesalkan atas kejadian kecelakaan lalu lintas terjadi antara kereta api KA 236 Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi tertemper dua unit mobil di KM 29 + 8 Jalur Hulu antara Bekasi - Tambun pada Sabtu (23/3/2024) pukul 12.00 siang.

Kejadian tepatnya di perlintasan JPL 87 yang merupakan JPL resmi tidak dijaga, di dekat Makam Pahlawan, Bulak Kapal, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 6 KA Tambahan di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, saat kejadian, sebelumnya masinis sudah memperdengarkan klason lokomotif berulang-ulang.

"KAI Daop 1 Jakarta dengan tegas menyampaikan kepada para pengguna jalan raya yang akan melintas pada perlintasan sebidang KA, agar selalu berhati-hati dan waspada, mengutamakan keselamatan dengan mematuhi rambu - rambu serta aturan yang ada," ujar Ixfan, Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga:
Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Meningkat saat Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Pengguna jalan diingatkan Ixfan wajib mengituti arahan BERTEMAN (Berhenti, Tengok Kanan-Kiri, Aman, dan Jalan), serta tidak membuat ataupun membangun perlintasan-perlintasan.

Atas kejadian tersebut, Ixfan mengatakan Lokomotif CC 201 04 07 (SMC) mengalami gangguan. Perjalanan KA tersebut harus mengganti lokomotif pengganti untuk melanjutkan perjalanan. Proses penggantian juga mengakibatkan perjalanan terhambat.

Baca Juga:
Tertabrak Kereta Api di Sergai, Bocah 10 Tahun Tewas Tragis

"Setelah dilakukan perbaikan dan pergantian, KA Airlangga, pada jam 13.40 wib berangkat dari Jalur I StasiunbTambun," kata Ixfan.

Adapun dua buah unit mobil yang tertemper KA Airlangga tersebut yaitu, Calya yang dikendarai Sudirwan dan mobil Teana yang dikendarai Catur Budi. 

Dua buah mobil tampak ringsek setelah ditabrak kereta api yang melaju pada Sabtu (23/3/2024) siang. Mobil Calya dengan nopol B 2833 FFD sudah berada di Jalan Pahlawan, sedangkan mobil Teana dengan nopol B 1578 KBN berada di dekat pos Polisi Bulak Kapal.

Akibat kejadian ini, sejumlah perjalanan KA mengalami gangguan.

KA Terganggu : 
- KA 236 (Airlangga PSE-SBI) Andil 110 mnt
- KA 222 (Jaka Tingkir) Andil 32 mnt
- KA 124 (Bangunkarta) Andil 12 mnt
- KA 5540 (CL KPB-CKR) Andil 38 mnt
- KA 5542 (CL KPBCKR)  Andil 31 mnt.

(Fhm)