Mudik Ceria Penuh Makna Bersama Kereta Api Terbaru dari KAI

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 24/Mar/2024 06:03 WIB
Gerbong makan Kereta Ekonomi New Generation dan Ekonomi Stainless Steel New Generation yang jauh lebih nyaman dari kereta ekonomi sebelumnya. Gerbong makan Kereta Ekonomi New Generation dan Ekonomi Stainless Steel New Generation yang jauh lebih nyaman dari kereta ekonomi sebelumnya.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mudik, sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia, menjadi momen penting bagi banyak orang untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Terdapat banyak pilihan moda transportasi untuk mudik, salah satunya adalah dengan menggunakan kereta api. 

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Senin Pagi Capai 385.226 Orang

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa perseroan telah menyiapkan segala sesuatu untuk melayani pelanggan secara maksimal.

Salah satu upaya terbaru yang dilakukan adalah mengoperasikan kereta api baru yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pemudik dengan lebih baik.

Baca Juga:
Perpres Pembongkaran Cagar Budaya Stasiun Kedundang Telah Terbit, Dinbud Kulon Progo Tak Bisa Berbuat Banyak

"Kereta api baru ini hadir dengan sejumlah fitur dan fasilitas yang inovatif, ditujukan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi para pemudik. Dibangun dengan teknologi terkini, kereta api ini menawarkan kenyamanan dan keamanan yang sangat mengesankan, menjadikannya pilihan utama untuk perjalanan mudik yang ceria dan penuh makna," kata Joni dalam keterangannya dikutip, Ahad (24/3/2024).

Nah, kereta baru apa saja sih yang bisa kamu coba untuk ke kampung halaman saat mudik Lebaran 2024 ini? Berikut daftarnya:

Baca Juga:
Ayo Serbu Diskon Tarif Kereta Api hingga 25% Hanya di Event Cilacap UMKM Expo 2024

1.  Kereta Panoramic

Kereta Panoramic merupakan kereta pertama di Indonesia yang sengaja dibuat dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama Indonesia. Kereta ini memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. 

Naik Kereta Panoramic ini dapat menjadi alternatif untuk menikmati perjalan mudikmu, karena selain dapat menikmati indahnya alam Indonesia, kamu juga bisa menikmati fasilitas pada Kereta Panoramic yakni kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta. Pelanggan Kereta Panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma.

Kamu bisa memesan Kereta Panoramic di Kereta Api Argo Parahyangan dengan rute Stasiun Gambir-Bandung pulang-pergi, Kereta Api Argo Wilis dan Turangga dengan rute Stasiun Bandung-Surabaya Gubeng pulang-pergi, Kereta Api Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Banjar pulang-pergi, serta Kereta Api Papandayan dengan rute Stasiun Gambir-Garut pulang-pergi.

2.  Kereta Suite Class Compartment

Kereta ini memberikan pengalaman perjalanan yang mewah dan eksklusif, mirip dengan layanan yang ditemui di first class pesawat terbang. Kamu bisa menikmati layanan privat karena hanya ada satu kursi di setiap kompartemen di kereta ini. Kursinya dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut juga dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api. Selain sudut kemiringan sandaran kepala, kaki, dan badan, tingkat kehangatan dari kursi ini juga bisa diatur. Kursi ini juga memiliki fitur pijat yang bisa disetel untuk berbagai teknik pijatan. Terdapat juga baki lipat yang bisa difungsikan untuk meja makan atau meja kerja. 

Di sisi dekat jendela terdapat Train Onboard Infotainment System berisi aneka film populer, musik dengan berbagai genre, hingga kanal televisi nasional yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan. Kamu juga disuguhkan dengan layanan makanan berupa hidangan pembuka, hidangan utama, hidangan penutup, serta berbagai minuman dan layanan khusus lainnya bagi kamu yang tidak sedang berpuasa.

Buat yang penasaran mau mencoba naik kereta sultan ini untuk perjalanan mudik, boleh pesan Kereta Api Bima dan Argo Semeru dengan rute Stasiun Gambir-Surabaya Pasar Turi pulang pergi.

3.  Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

KAI juga mengoperasikan kereta eksekutif dan luxury new generation yang bisa kamu nikmati di Kereta Api Argo Dwipangga dan Argo Lawu rute Stasiun Gambir-Solobalapan pulang pergi, serta Taksaka rute Gambir-Yogyakarta  pulang pergi. Pada kedua kelas Kereta New Generation ini, kamu bisa menikmati desain interior yang lebih keren dengan fitur-fitur terbaru nan modern. Pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis sehingga memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu dan meminimalisir suara dalam proses buka-tutup pintu kereta. 

Passenger Information Display System (PIDS) yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan juga tersedia di masing-masing kereta. Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan mengecas gadget pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern. Selain itu, terdapat penambahan toilet pada Kereta Luxury New Generation. Jika pada generasi sebelumnya hanya ada satu toilet pada kereta luxury, kini di Kereta Luxury New Gen ini terdapat dua toilet.

Kereta makan di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di kereta makan.

4.  Kereta Ekonomi New Generation dan Ekonomi Stainless Steel New Generation

Nah buat kamu para pecinta kereta ekonomi, mudik kali ini boleh dicoba dengan menikmati Kereta Ekonomi New Generation dan Ekonomi Stainless Steel New Generation yang jauh lebih nyaman dari kereta ekonomi sebelumnya. Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling berhadapan, secara bertahap diganti menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak lagi saling berhadapan. Pada Kereta Ekonomi New Gen ini jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan searah laju kereta atau pun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan PIDS yang dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk dan menambah meja lipat yang berfungsi untuk mengganti popok bayi. Tersedia juga tempat ibadah di kereta makan. 

Kereta Ekonomi New Generation ini bisa kamu pesan di Kereta Api Jayabaya rute Stasiun Pasarsenen-Malang pulang pergi dan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan dengan rute Stasiun Pasarsenen-Surabaya Gubeng pulang pergi. Sedangkan untuk Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation tersedia di rangkaian kereta api Majapahit dengan rute Stasiun Pasarsenen-Malang pulang pergi dan baru akan dioperasikan mulai 25 Maret 2024.

Nah itu tadi beberapa kereta baru yang viral dan fasilitas-fasilitas terbaru dari KAI yang perlu kamu coba untuk menemani perjalanan mudikmu tahun ini. Selain menikmati pengalaman baru dengan naik kereta-kereta baru tersebut, kamu juga bisa sekaligus menikmati layanan dan inovasi lainnya dari KAI yang dihadirkan khusus untuk membuat perjalananmu lebih nyaman dan menyenangkan.

Saat proses boarding di stasiun, kamu bisa mendaftarkan dirimu untuk dapat menikmati layanan face recognition boarding gate, sehingga proses boarding-mu lebih cepat tanpa mengantre lama. Kamu tidak perlu khawatir terkait keamanan datamu karena KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik dan secara rutin terus meningkatkan keamanan data yang dikelola oleh perusahaan.

Untuk memberikan kesan momen Lebaran, KAI juga akan menyelenggarakan promo tiket, doorprize, serta merchandise khusus untuk anak-anak, dan menghadirkan dekorasi tematik Lebaran di stasiun dan dalam kereta api. 

"Naik kereta api khususnya di masa mudik Lebaran juga akan menghindarkan masyarakat dari potensi kecelakaan serta kemacetan di jalan raya. Sehingga momen Lebaran dapat tetap dinikmati masyarakat dengan ceria dan penuh makna,” pungkas Joni. (Fhm)