Tiket Mudik Gratis Kapal Laut Sedot Minat Masyarakat

  • Oleh : Naomy

Senin, 25/Mar/2024 20:57 WIB
Mudik Gratis dengan kapal laut) Mudik Gratis dengan kapal laut)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah meluncurkan program tiket gratis kapal laut guna memfasilitasi perjalanan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2024 (1445 H) di berbagai wilayah.

Program ini mendapat respons positif, sedot minat masyarakat melalui jumlah pendaftar yang sudah cukup signifikan.

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Hendri Ginting mengungkapkan, sejak diluncurkan, program ini telah menarik perhatian banyak orang yang ingin menikmati perjalanan laut secara lebih terjangkau pada saat arus mudik dan balik lebaran 2024.

"Beberapa ruas pelayaran juga telah mencapai kuota penuh, menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap program ini," jelas Capt. Hendri di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Ruas-ruas yang telah penuh antara lain Tulehu-Banda, 4 April (230 pax), Sampit-Semarang, 8 April (500 pax), Kumai-Surabaya, 7 April (500 pax), Jakarta-Makassar, 1 April (355 pax), Fak Fak-Geser, 3 April (100 pax), Fak Fak-Banda, 3 April (100 pax), Makassar-Bima, 6 April (325 pax). 

Kijang-Tarempa, 2 April (100 pax), Lembar-Surabaya, 3-7 April (580 pax), Makassar-Labuan Bajo, 6 April (300 pax), dan Kijang-Natuna, 2 April (100 pax),

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

"Kami mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap program ini dan akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam mendukung mobilitas masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Capt. Hendri mengatakan, program tiket gratis penumpang kapal laut ini hasil koordinasi dengan PT Pelni dan tiga operator swasta yakni PT Dharma Indah, PT Dharma Lautan Utama, dan PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

Program ini melayani perjalanan di 49 ruas.

"Kami berharap dengan adanya pogram ini dapat memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pada masa libur lebaran tahun 2024 (1445 H) untuk mendapat pelayanan terbaik," ungkapnya.

Kemenhub mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap program ini dan berkomitmen untuk terus meningkatkan aksesibilitas transportasi laut bagi semua lapisan masyarakat. 

"Kami juga mengimbau agar masyarakat yang berminat mengikuti program tiket gratis ini untuk melakukan pendaftaran secara tertib dan sesuai ketentuan," imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk memenuhi syarat mendapatkan tiket gratis, penumpang dapat menghubungi operator kapal dan wajib membawa serta menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), penumpang yang berangkat harus sesuai dengan KTP yang dimiliki.

Dilarang keras membawa benda berbahaya dan minuman keras, serta program ini hanya berlaku untuk kategori kelas ekonomi. 

Untuk informasi lengkap rute yang terdapat kuota tiket gratis dapat dilihat di akun instagram @djplkemenhub151. (omy)