Dibuka Gratis, Ada Aturan Lintasi Jalan Tol Fungsional saat Libur Lebaran

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 26/Mar/2024 06:14 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah akan menggratiskan sebagian jalan tol melalui pembukaan jalur tol secara fungsional di libur Lebaran tahun ini. 

Fasilitas ini digunakan sebagai alternatif jalur yang tersedia untuk mudik sekaligus menekan kepadatan.

Baca Juga:
Pelayanan dan Fasilitas di Tol Binjai-Stabat Ditambah

Namun perlu dicatat, masyarakat tidak bisa menggunakan jalur tol fungsional selama 24 jam. Ada ketentuan khusus saat pengoperasian tol fungsional.

"Tol dibuka fungsional gratis tapi biasanya tidak 24 jam karena biasanya tol fungsional masih belum kelengkapan belum terpasang sepenuhnya," ungkap Anggota Badan pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Pemangku Kepentingan Sony S. Wibowo kepada wartawan, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga:
Akses Tol IKN Akan Rampung Agustus 2024, Begini Progresnya

Sony menjelaskan tol fungsional biasanya dioperasikan pada pagi hingga sore hari. Sedangkan pada malam hari, ruas tol tersebut akan ditutup total.

"Biasanya dibuka hanya jam 06.00 sampai 17.00. Tol fungsional tidak dibuka saat malam," imbuhnya.

Baca Juga:
Tol Semarang-Yogyakarta Bakal Rampung, Waktu Tempuh Jadi Singkat Cuma 1,5 Jam

Salah satu tol fungsional yang dibuka gratis saat libur Lebaran tahun ini adalah Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 61,8 km. Namun, saat musim Lebaran jalan tol ini hanya akan beroperasi satu arah yang bakal dominan digunakan saat arus balik

"Fungsional tersebut direncanakan hanya satu arah dari Bandung, Purwakarta, masuk Kutanegara dan dilanjutkan ke jalan provinsi sehingga pengendara dapat keluar di Karawang Timur atau Karawang Barat," timpal Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono dilansir dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Paket 3 akan dilakukan uji coba fungsional saat mudik Lebaran sesuai diskresi Kepolisian sepanjang 8,5 km yakni dari Sadang menuju Kutanegara.

"Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Paket 3 yang menghubungkan Sukabungah - Sadang (31,25 Km) dengan progresnya telah mencapai 86,08% yang ditargetkan selesai di kuartal 3 tahun 2024," ujar Triono.

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan salah satu tol fungsional yang akan dibuka juga adalah Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) seksi Colomadu - Klaten dengan panjang 22,3 km.

"Ini kami siapkan dan sudah berkordinasi dengan Kepolisian setempat, sampai hari ini direncanakan H-5 atau 5 April dan sudah ada jadwal jam 6 pagi sampai jam 5 sore, jadi supaya para pengguna atau pemudik yang melalui Jogja-Solo bisa merencanakan perjalanannya. Ruas fungsional ini jadi malam nggak dibuka," ucap Lisye.

Jalur fungsional Tol Colomadu - Klaten akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo Jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Berikut Daftar Tol Gratis di Libur Lebaran 2024:

1. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 28 (Cikeas - Cibitung) 19,65 Km
2. Tol Jakarta Cikampek II Selatan seksi Kutanegara - Sadang dengan panjang 8,5 Km
3. Tol Solo Yogyakarta NYIA Kulonprogo seksi Colomadu - Klaten dengan panjang 22,3 Km
4. Tol Bangkinang - Koto Kampar seksi Bangkinang-Koto Kampar dengan panjang 24,7 Km
5. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi - Parapat Seksi 2 (Kuala Tanjung - Indrapura) dengan panjang 9,47 Km dan Seksi 3-4 (Tebing Tinggi Sinaksak) sepanjang 47,15 Km
6. Tol Indrapura Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh Kisaran] dengan panjang 32.15 Km

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menambahkan 2 ruas tol lagi yang beroperasi gratis saat libur Lebaran, yaitu:

1. Tambahan 1 lajur fungsional atau dari 2 lajur menjadi 3 lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai dengan KM 210+190 (sepanjang ±2,04 Km)
2. Fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakata maupun arah Bandung.

(fhm)