Terus Tingkatkan Layanan, J&T Cargo Gandeng Partner Bisnis dari 3 Sektor Industri

  • Oleh : Naomy

Selasa, 26/Mar/2024 20:11 WIB
M. Said Abdullah M. Said Abdullah

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terus tingkatkan layanan, J&T Cargo mempertegas komitmen melalui kolaborasi strategis dengan partner dari tiga sektor industri penting. 

Menurut M. Said Abdullah, Manager Network Management J&T Cargo, ketiganya yakni UMKM yang bergerak di bidang pelayanan & Komunitas UMKM, Portal Informasi Bisnis, dan sektor Resources. 

Baca Juga:
Kisah Kuyung, 10 Tahun Menjadi UMKM Binaan FIFGROUP

"J&T Cargo meyakini sinergi yang kuat ini akan memainkan peran penting dalam menciptakan kualitas pelayanan ke customer pada ekosistem pengiriman kargo," tutur Said di Jakarta, Rabu (26/3/2024).

Selama dua tahun berjalan, J&T Cargo mengalami pertumbuhan bisnis yang meningkat hingga dua kali lipat dari pertama berdiri. 

Baca Juga:
Mastercard Donasikan Lebih dari Rp1,5 Miliar untuk Berdayakan UMKM di Indonesia Melalui Kemitraan dengan Grab dan BenihBaik.com

Pencapaian ini merupakan hasil dari usaha para Mitra outlet yang konsisten memberikan pelayanan terbaik ke kostomer.

Pertumbuhan ini juga didukung oleh sistem franchise J&T Cargo yang memberikan proses onboarding yang mudah, tim yang solid dalam menggali potensi outlet, program pelatihan, serta penerapan teknologi sistem JFS yang membantu outlet terintegrasi dengan sistem J&T Cargo.

Baca Juga:
Hingga Kuartal 1 Tahun Ini, Outlet J&T Cargo Tembus 3.337

"Kami telah menjadi best practice yang sukses memberdayakan UMKM, di mana dalam dua tahun ini, para Mitra atau UMKM yang bergerak di bidang Pelayanan telah berhasil melayani pengiriman untuk perusahaan besar seperti OPPO, dan lain sebagainya, hingga saat ini telah mencapai 1.500.000 pelanggan,” urainya.

Pada rangkaian kegiatan Media Iftar, J&T Cargo juga memberikan apresiasi secara simbolis kepada 15 dari 100 outlet terpilih dengan predikat "Best Service Outlet", atau mitra yang memiliki pelayanan terbaik. 

Penghargaan ini kata Said merupakan strategi J&T Cargo di tahun 2024 untuk menciptakan ekosistem yang berfokus di bidang pelayanan.

Adapun partner yang bekerja sama dengan J&T Cargo merupakan upaya dalam membentuk ekosistem yang saling terintegrasi, mulai dari sektor UMKM (UMKM yang bergerak dibidang pelayanan dan Komunitas UMKM), Portal Informasi Bisnis, dan sektor Resources yang akan membantu dari aspek solusi finansial sebagai benefit untuk kemudahan bantuan pendanaan bagi para mitra yang mendapat penghargaan Best Service Outlet. 

"Dengan demikian mereka bisa terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," imbuhnya.

Portal Informasi BisnisJ&T Cargo bekerjasama dengan SWA Media Group juga memberikan pembinaan bisnis terhadap 100 Mitra.

Pembinaan ini difokuskan pada materi pelayanan sesuai standar J&T Cargo yang dapat diimplementasikan oleh para mitra. 

"Sebagai motivasi tambahan, J&T Cargo dan SWA Media Group juga menginisiasi program Best Service outlet," kata dia. 

Program ini merupakan strategi J&T Cargo di tahun 2024 untuk menciptakan ekosistem yang berfokus di bidang pelayanan.

Best Service outlet adalah bentuk apresiasi untuk mitra J&T Cargo yang bergerak di bidang pelayanan yang secara konsisten meningkatkan kualitas layanan mereka kepada kostomer.

Di mana dinilai berdasarkan akumulasi empat indeks, yakni persentase tingginya penjemputan paket tepat waktu setelah dipesan oleh klien dan mengantarkannya ke GW (gudang) pada hari yang sama (Rate Pick-up on Time), persentase tingginya pengiriman paket tepat waktu kepada klien sesuai SLA (Rate Delivery on Time), persentase rendahnya jumlah komplain dan tingginya kecepatan penyelesaian komplain (Rate Complain), serta persentase tingginya pengiriman kembali dokumen DO sesuai instruksi dan tepat waktu (Rate DO kembali).

J&T Cargo dan SWA Media Group tidak hanya memberikan pembinaan dan pelatihan kepada 100 outlet terpilih, tapi juga akan melibatkan 3,337 outlet lain yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk turut ikut dalam pembinaan. 

Said juga menambahkan bahwa J&T Cargo dan SWA Media Group turut mengundang pemateri profesional dalam memberikan pelatihan tentang aspek pelayanan pada customer dengan tema “Creating Innovative Ways To Enrich B2B Customer Experience”.

UMKM di bidang Pelayanan dan Komunitas
J&T Cargo turut memberdayakan komunitas UMKM atau Seller yang menggunakan layanan pengiriman mereka. 

Komunitas tersebut antara lain seperti Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Seller UMKM, serta Komunitas pelaku ekspor-impor.

“Kerja sama ini berbentuk penyelenggaraan event atau pelatihan tentang strategi peningkatan jualan dan pengiriman bagi mitra UMKM," tambah Said. 

Selain itu, para mitra ini pun bisa mendapatkan feedback tentang bagaimana meningkatkan kualitas layanan J&T Cargo di outlet mereka. 

Sektor Resources
J&T Cargo juga menyediakan solusi terintegrasi yang mendukung pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. 

Bersama dengan sektor resources, J&T Cargo siap menghadirkan solusi yang holistik untuk 100 Mitra yang mendapatkan penghargaan Best Service Outlet. 

Dalam hal ini para Mitra sebagai UMKM yang bergerak di bidang pelayanan dapat dengan mudah mengajukan bantuan guna meningkatkan pelayanan mereka ke customer, salah satunya melalui financial solution atau pendanaan untuk penambahan armada, perluasan tempat, atau penambahan sumber daya manusia (SDM).

“Selain pendanaan, ke depannya kami juga akan bekerjasama dengan sektor lain yang mendukung dalam bentuk material, seperti armada dan warehouse," ucapnya. 

Tujuannya adalah untuk membantu ekspansi bisnis para mitra dan melayani lebih banyak lagi pelanggan dengan kualitas layanan terbaik. (omy)