Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 30/Mar/2024 17:30 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kls I Tanjung Priok Jakarta proaktif dalam memastikan keselamatan, kelancaran dan keamanan angkutan laut Lebaran tahun 2024 dengan mengerahkan 10 Kapal Negara Patroli (KPLP) dan 17 RIB reaksi cepat untuk pengawasan dan pengamanan arus mudik di 13 Provinsi wilayah perairan Indonesia.

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

PLP Tanjung Priok memulai dengan kegiatan Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1445 H/2024 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 25 Maret 2024. 

Baca Juga:
Usai Pelayanan Angleb di Pelabuhan Panjang, KN Trisula P.111 Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Pengawasan dan Pengamanan Jalur TSS di Perairan Selat Sunda

Acara tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, Subagiyo, yang dihadiri oleh instansi terkait serta stakeholder. Posko penyelenggaraan akan berlangsung mulai tanggal 26 Maret hingga 26 April 2024.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Pangkalan PLP kelas I Tanjung Priok guna memperkuat kesiapan pengawasan dan pengamanan angkutan laut Lebaran 1445 H, melanjutkan Apel Gelar Pasukan unsur Kapal Patroli dan Sar di Dermaga Golden Key Bojonegara - Banten. Pada tanggal 28 Maret 2024.

Dr. Triono, Kepala Pangkalan PLP kelas I Tanjung Priok selaku Inspektur Apel menyampaikan bahwa operasi kali ini dilakukan dengan sistem penyebaran ke seluruh wilayah kerja Pangkalan PLP kelas I Tanjung Priok dengan mengoptimalkan koordinasi dengan UPT Hubla antara lain Kantor KSOP, Disnav, UPP, Instansi lain serta stakeholder Lainnya.

Operasi ini melibatkan unsur personil sebanyak 368, terdiri atas 175 staf darat dan 193 ABK, serta 40 personil untuk posko terpadu pelabuhan Tanjung Priok dan Muara Angke. Selain itu, 10 unit kapal negara dikerahkan termasuk Wilayah Perairan Teluk Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan selatan, Cirebon, Bangka Belitung dan Semarang Jawa Tengah dan saat ini juga kapal negara patroli P. 114 Alugara juga melaksanakan ops bersama bakamla di wilayah selat makassar 

Dengan kesiapan, kolaborasi dan koordinasi, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok memastikan operasi pelayanan pengawasan keselamatan dan pengamanan angkutan laut lebaran tahun 2024 dapat tercapai secara maksimal, sehingga masyarakat mudik dengan aman dan selamat (ahmad)