MTI: Hindari Kekosongan Terminal Saat Arus Mudik, Prioritaskan Bus AKAP kembali ke Jakarta Lewat Tol

  • Oleh : Ahmad

Senin, 01/Apr/2024 22:42 WIB
Foto:istimewa/BeritaTrans.com/ahmad Foto:istimewa/BeritaTrans.com/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jelang Lebaran 2024, seperti biasa masyarakat Indonesia bersiap untuk pulang ke kampung halaman dengan berbagai moda transportasi. 

Baca Juga:
Di Papua, DAMRI Meriahkan Mudik Gratis 2024 bersama Pemkab Sarmi

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mencatat perkembangan dan masalah pada arus mudik-balik lebaran yang berulang setiap tahun perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah dan seluruh pemngku kepentingan sektor transportasi. 

"Mohon perhatian untuk pemerintah atas hajat tahunan arus mudik dan balik lebaran dengan memperhatikan perkembangan dan masalah secara cermat. MTI memberikan tiga rekomendasi seperti Pola perjalanan, Pola Transportasi dan Pola Lalu lintas," ungkap Ketua Umum MTI Tory Damantoro dalam konferensi pers di Kantor Pusat Jasa Raharja, Senin (1/4/2024). 

Baca Juga:
Terpantau Central Control Room, DAMRI Pastikan Operasional Selama Mudik Berjalan Optimal

"Dengan akan diberlakukannya oneway, contraflow dan ganjil-genap untuk kendaraan pemudik, diharapkan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang mengarah ke Jakarta diprioritaskan, " harapnya.

Hal itu dilakukan untuk menghindari kekosongan bus di terminal yang akan diberangkatkan kembali untuk mengangkut pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Baca Juga:
Pentingnya Merawat Keselamatan Selama Mudik Lebaran

Intinya kesiapan sarama dan prasarana menurut dia, agar benar-benar diperhatikan, sehingga masyarakat nyaman menggunakan angkutan umum untuk pulang kampung atau bepergian lainnya. (ahmad)