Layanan KAI Commuter untuk KRL Jabodetabek, Kereta Bandara Soetta dan KA Merak Masa Angkutan Lebaran 2024

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Apr/2024 14:48 WIB
Rangkaian KRL.(ist) Rangkaian KRL.(ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter melakukan persiapan untuk Angkutan Lebaran tahun 2024 ini menjelang hari raya Idulfitri 2025. Hal itu dikatakan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba agar para pengguna commuter line di hari Raya Idul Fitri 1445 H nanti dapat tetap bermobilisasi menggunakan kereta commuter line.

Anne mengatakan, ada tahun ini, masa posko Angkutan Lebaran 2024 dimulai pada 5 April dan akan berakhir pada 16 April 2024. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Dari data yang dihimpun KAI Commuter memprediksi jumlah pengguna Commuter line Jabodetabek adalah diangka 16,4 juta orang, naik sebeser 4 % dari tahun 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang yang menggunakan Commuter Line Jabodetabek. Dengan memperkirakan puncak pengguna pada masa libur Lebaran kali ini pada tanggal 14 April, di angka 791.246 orang," ujar Anne dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Dari angka yang dijelaskan tersebut, penumpang didominasi oleh pengguna musiman yang akan bersilaturahmi ke sanak saudara ataupun handaitaulan dan berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan stasiun-stasiun Commuter Line Jabodetabek. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Selama Angkutan Lebaran ini, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek guna melayani pengguna yang akan beraktivitas selama musim libur Lebaran. Dengan prediksi 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi. 

Dari sisi pelayanan, keamanan dan keselamatan  untuk Wilayah Jabodetabek KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA  BKO Marinir) ditambah 24 personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor. Selain itu terdapat pula Passenger Service, Petugas Cleaning Service di stasiun dan kereta serta akan dibantu juga petugas posko pegawai KAI Commuter.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Untuk mengatur perjalanan menggunakan commuter line, aplikasi C-Access dapat membantu para pengguna untuk mengecek jadwal perjalanan, posisi kereta secara r¬eal time, harga tiket, kepadatan stasiun, top up saldo Kartu Multi Trip (KMT) dan fitur-fitur lainnya yang memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi seputar commuter line dan stasiun.

"KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk menggunakan KMT, Kartu Bank (E-money, Flazz, Tap Cash, Brizzi, Jakcard) atau QR Code pada aplikasi Go Transit by Gojek, siapkan saldo minimum untuk setiap perjalanan menggunakan commuter line," ujar Anne.

Fasilitas-fasilitas layanan lain di stasiun juga akan mewarnai Idul Fitri tahun ini diantaranya fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang. Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket di musholla di sejumlah stasiun dan penambahan toilet _portable_ serta tematik Idul Fitri 1445 H.

Pengguna commuter line juga saat ini dapat dengan mudah melakukan perjalanan menggunakan transportasi lanjutan yang mana disejumlah Stasiun sudah memiliki konektifitas dengan transportasi lain, seperti Stasiun Sudirman terintegrasi dengan MRT, LRT, Bus TransJakarta dan transportasi online lainnya , ada pula Stasiun Cawang, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Gondangdia dll.

Kereta Bandara Soetta dan KA Lokal Merak selama Angkutan Lebaran

Untuk pelayanan dan operasional Commuter Line Basoetta mulai tanggal 5 April akan menambah 8 perjalanan dari dan menuju Stasiun Basoetta, dengan Stasiun pemberhentian diantaranya Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Rawabuaya dan Stasiun Batu Ceper, sehingga pada Angkutan Lebaran tahun ini total perjalanan Commuter Line Basoetta menjadi 64 perjalanan yang sebelumnya 56 perjalanan per hari.

KAI Commuter memprediksi untuk pengguna Commuter Line Basoetta pada Angkutan Lebaran 2024 ini sebanyak 131 ribu orang, naik 12% dari tahun lalu yakni melayani pengguna pada angka 117 ribu orang. Dengan jam operasional Commuter line Basoetta pada pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.42 WIB. KAI Commuter memperkirakan mobilisasi puncak pengguna Commuter Line Basoetta pada musim libur Lebaran yakni pada 14 April, diangka 7.695 orang.

Pengguna yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan Commuter line Basoetta sebagai alternatif moda transportasi menuju Bandara dengan harga tiket sebesar Rp 60.000,- dari Stasiun Manggarai. Pembelian tiket dapat melalui C-Access, Access by KAI, website: reservation.kci.id dan Vending Machine di stasiun keberangkatan Commuter Line Basoetta atau juga dapat menggunakan KMT.

Sementara itu, untuk Commuter Line Merak, mulai tanggal 3-9 April perjalanan hanya sampai dengan Stasiun Cilegon. Pengguna dapat menggunakan transportasi lanjutan di Stasiun Cilegon menuju Pelabuhan Merak. 

Penyesuaian layanan dan operasional Commuter Merak ini mendukung penataan Lalu-lintas di Kawasan Pelabuhan Merak antara Dirjen Hubungan Darat Kemenhub, PT KAI (Persero) dan PT ASDP Indonesia Fery (Persero) maka dari itu diperlukan langkah-langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni khususnya pada kondisi peak season Angkutan Lebaran Tahun 2024 ini.

Untuk jadwal perjalanan transportasi lanjutan tersebut menyesuaikan dengan jadwal perjalanan Commuter Line Merak seperti biasanya dengan 14 perjalanan per harinya. Sebanyak 30 Angkutan perkotaan akan disediakan di Stasiun Cilegon.

Pada angkutan lebaran tahun ini prediksi pengguna Commuter Line Merak pada berdasarkan data KAI Commuter memproyeksikan penggunanya sebanyak 285 ribu orang naik sekitar 29% dari tahun lalu sebanyak 222 ribu orang yang berhasil dilayani pada Angkutan Lebaran tahun lalu 2023. Diperkirakan puncak pengguna pada libur Lebaran di tanggal 15 April, sebanyak 15.986 orang. 

Reservasi dan pembelian tiket Commuter Line Merak dapat melalui Acces by KAI yang dapat dilakukan pada H-7 sebelum hari keberangkatan atau pembelian langsung di Stasiun selalu persediaan masih ada. Pengguna diharapkan datang lebih awal untuk verifikasi data sebelum keberangkatan.

KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. Menjaga dan mengawasi anak selama di kereta dan Stasiun, mengikuti arahan petugas dan tetap waspada dan selalu menjaga keselamatan.

Untuk informasi update tentang Commuter Line dapet mengunjungi akun resmi media sosial @commuterline atau Contact Center 021 121. Kami akan memberikan layanan sepenuh hati di hari Idul Fitri ini.(fhm)