315 Peserta Mudik Asyik Bersama BUMN Naik KM Labobar Berangkat dari Balikpapan ke Surabaya

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Apr/2024 14:17 WIB
Komisaris Pelni sapa peserta mudik gratis Komisaris Pelni sapa peserta mudik gratis


BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero)  memberangkatkan 315 peserta Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 dari Balikpapan tujuan Surabaya. 

Diperkirakan sebanyak 32.000 pemudik berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan selama periode 26 Maret hingga 26 April 2024. 

Baca Juga:
Kemenhub Aktif Berpendapat Saat Hadiri Sidang AMTWG 46 di Brunei Darussalam

Vice President Pelni Fauziah Ferryna yang membawahi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mengatakan, peminat mudik gratis ini sangat tinggi. 

"Namun karena keterbatasan kuota dan proses seleksi administrasi sejak awal, kami hanya dapat memberangkatkan 315 peserta dengan KM Labobar dari Balikpapan menuju Surabaya," jelas Rina, Kamis (5/4/2024). 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Selain Rina, ikut hadir melepas peserta yaitu Komisaris Pelni Capt. Budi Mantoro, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Lollan Andi Sutomo Panjaitan, dan Kepala Cabang Pelni Balikpapan Djasman.

Sunaryi, salah satu peserta mudik sekaligus pekerja di Bontang mengaku memanfaatkan program Mudik Asyik Bersama BUMN untuk kembali ke kampung halamannya di Madura.

Baca Juga:
Kemenhub Teken Perjanjian Kerja Sama dengan BKI untuk Pemeliharaan KN Kenavigasian

"Program ini memudahkan kami bertemu keluarga dan berlebaran di kampung. Semoga tahun depan kami bisa mengikuti mudik gratis lagi," ujar Sunaryi yang membawa serta istri dan kedua anaknya.

Sementara itu, Komisaris Pelni Capt. Budi mengimbau peserta mudik gratis agar menjaga kesehatan dan keselamatan selama pelayaran. 

"Selama berlayar agar menjaga barang bawaan dan anggota keluarganya, karena pemudik di atas kapal sangat banyak, terutama menjaga fasilitas keselamatan, jangan dirusak, apalagi dibawa pulang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Balikpapan Djasman mengungkapkan bahwa puncak perjalanan mudik dari Pelabuhan Semayang Balikpapan akan berlangsung pada 5 dan 7 April 2024 ini.

"Hingga 26 April atau akhir periode Angkutan Lebaran 2024, kami perkirakan jumlah pemudik yang berangkat dari Balikpapan mencapai 32.000 orang, dan yang terbanyak itu tujuan dan naik dari Surabaya," terang Djasman. (omy)