Menhub Lepas Gelombang Pertama Pemudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Pelni

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Apr/2024 20:03 WIB
Pelepasan pemudik gratis dengan kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok Pelepasan pemudik gratis dengan kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok


JAKARTA (BeritaTrans.com) - -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melepas gelombang pertama pemudik gratis sepeda motor dengan kapal Pelni. 

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mengangkut 2.037 pemudik sepeda motor dan 876 sepeda motor dengan kapal Pelni KM Dobonsolo dari Jakarta tujuan Semarang, Jumat (5/4/2024). 

Baca Juga:
Menhub Dorong Kolaborasi pada Layanan Angkutan Laut dan Logistik Meningkat

Direktur Utama Pelni Tri Andayani, akrab disapa Anda menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, yang kembali mempercayakan Pelni dengan memberikan penugasan gelar mudik gratis untuk pemudik sepeda motor. 

"Untuk tahun ini, kegiatan mudik sepeda motor alhamdulillah dapat berjalan lancar dan kuota yang mencapai target. Kami harap para pemudik dapat menikmati pelayaran kali ini dan tiba di kampung halaman dengan aman dan dapat segera berkumpul dengan keluarga," ujar Anda, Jumat (5/4/2024) petang. 

Baca Juga:
Pemerintah Beri Kemudahan Operasional Kapal Wisata

Para pemudik diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, pukul 16.00 WIB dan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (6/4/2024) besok sekitar pukul 07.00 WIB. 

Setibanya di Semarang, pada pemudik akan melanjutkan perjalanan ke kota masing-masing dengan sepeda motornya. 

Baca Juga:
Menhub Dukung Optimalisasi Bisnis di Nipa Transshipment Anchorage Area

Anda menambahkan, perjalanan mudik menggunakan kapal Pelni setidaknya telah menghemat tenaga dan meminimalisir risiko di perjalanan antara Jakarta dan Semarang bila ditempuh melalui jalaur darat.

"Setidaknya setibanya di Semarang, bapak ibu pemudik sudah lebih dekat dengan kampung halamannya, dan harapan kita semua, mereka bisa tiba dengan selamat dan berlebaran dengan bahagia dan penuh makna," tambah Anda. 

KM Dobonsolo akan kembali mengangkut pemudik Jakarta tujuan Semarang pada Ahad (7/4/2024).. 

Tercatat sebanyak 2.457 pemudik dan 1.009 unit sepeda motor yang terdaftar pada tanggal tersebut. Sementara itu untuk arus balik, KM Dobonsolo akan diberangkatkan dari Semarang tujuan Jakarta pada 13 dan 15 April 2024. (omy)