ASDP Berangkatkan 800 Kuota Gratis Mudik Asyik Bersama BUMN di 3 Rute Wilayah Sumatera, Sulawesi hingga Ambon

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Apr/2024 21:51 WIB
Pemberangkatan Mudik Gratis BUMN Pemberangkatan Mudik Gratis BUMN

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama dengan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya melakukan pelepasan para pemudik yang mengikuti Program Mudik Asyik Bersama BUMN di Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024) pagi.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin 
menyampaikan, ASDP turut berpartisipasi dalam program Mudik Asyik Bersama BUMN, salah satunya mendukung program Pemerintah untuk menekan jumlah kecelakaan lalin yang didominasi oleh sepeda motor, dan mendukung perhelatan Angkutan Lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.

Baca Juga:
Keren, ASDP Berhasil Raih Juara ALB SE Asia Law Awards 2024

Mengutip data Kepolisian, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77% nya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya. 

"Alhamdulillah hari ini telah kita saksikan bersama pelepasan Program Mudik Asyik Bersama BUMN yan dipimpin langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, dan melalui kegiatan ini harapannya ASDP dapat berkontribusi untuk menyediakan fasilitas perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.

Baca Juga:
Dukung Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, ASDP Bantu Bedah 10 Rumah di Lampung Selatan

Shelvy menyampaikan, terdapat total tiga lintasan dan total 800 kuota yang difasilitasi ASDP untuk mendukung Program Mudik Asyik Bersama BUMN diantaranya Jakarta - Bandar Lampung dengan kuota 40 orang; Hunimua - Waipirit dengan kuota 560 orang; dan Bajoe - Kolaka dengan kuota 200 orang.

"Kami juga mengingatkan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang untuk memperhatikan kesehatannya dan tetap mematuhi prokes dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan. Kami harap masyarakat yang telah memilih mudik bersama ASDP dapat menikmati perjalanan mudiknya hingga sampai ke tempat tujuan," tutur Shelvy.

Baca Juga:
Peduli Kelestarian Lingkungan, ASDP Kembali Gelar Ocean Clean Up Day di 27 Cabang

Pada periode layanan Angkutan Lebaran 2024 ini, puncak arus mudik penyeberangan diprediksi pada Sabtu (6/4) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3. Lalu, untuk puncak arus balik Lebaran diprediksikan terjadi pada Minggu (14/4) atau H+3 dan Senin (15/4) atau H+4.

Adapun jumlah lintasan yang dipantau secara Nasional selama pelaksanaan Posko Lebaran 2024 sejumlah 8 Lintasan di 9 Cabang (Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk dan Jangkar-Lembar, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Ajibata-Ambarita, Bajoe-Kolaka, Tj. Api-Api-Tj.Kalian, Panajam-Kariangau. 

Diperkirakan jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun ini mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan di delapan lintasan terpantau Nasional yang berada dibawah koordinasi sembilan Cabang ASDP. (omy)