Jadwal Layanan LRT Jabodebek Sabtu 6 April, Tarif Promo Terjauh Berlaku Sepanjang Libur Idulfitri

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 06/Apr/2024 06:12 WIB
LRT Jabodebek. LRT Jabodebek.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI mengoperasikan LRT Jabodebek selama periode libur panjang Idul Fitri 1445 H (6 - 15 April 2024) menggunakan pola operasi akhir pekan (weekend), yakni sebanyak 260 perjalanan setiap harinya.

Sedangkan sebelumnya, pada hari kerja (weekday) KAI mengoperasikan 308 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja. Namun, pada perayaan Idulfitri yang akan berlangsung 10 hari periode libur itu menjadi berbeda.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Senin 24 Juni 2024, Tarif Promo Terjauh Rp10.000 di Jam Ini

"Meskipun terdapat perayaan Idul Fitri, KAI akan tetap mempertahankan jadwal perjalanannya serta memastikan tetap beroperasi secara optimal dalam melayani pengguna LRT Jabodebek," ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono beberapa hari lalu kepada media.

Pada pola operasi akhir pekan tersebut, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 5.25 - 22.51 WIB. LRT Jabodebek keberangkatan pertama pukul 5.25 WIB dari Stasiun LRT Jabodebek Jatimulya menuju Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas. 

Baca Juga:
Stasiun LRT Revo Mall Tetap Layani Penumpang Pascakebakaran

Sedangkan untuk keberangkatan terakhir yakni pada pukul 22.01 WIB dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Harjamukti.

Masyarakat yang hendak beraktivitas di seputaran Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) harus mengetahui jadwal keberangkatan LRT yang beroperasi pada hari ini Sabtu, 6 April 2024.

Baca Juga:
Ayo Serbu! LRT Jabodebek Sambut HUT Jakarta dengan Hajatan di Stasiun Dukuh Atas

Seperti dikutip dari akun resmi LRT Jabodebek, berikut informasi jam jadwal operasional terbaru LRT Jabodebek untuk waktu keberangkatan awal dan keberangkatan akhir dan tarif promo. 

Jam Keberangkatan dari masing-masing stasiun pada Sabtu, 6 April 2024:

Nah, itulah jadwal keberangkatan pertama dan terakhir LRT Jabodebek di setiap stasiun ujung.

  1. Tarif Promo Terjauh

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan juga memperpanjang pemberlakuan tarif promo LRT Jabodebek hingga May 2024.

Perpanjangan tarif promo ini sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No 67/2023 tentang Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi Untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

“Naik LRT Jabodebek akan semakin semarak dengan adanya promo tarif LRT Jabodebek yang ditetapkan oleh Kemenhub pada saat weekend, yakni maksimal Rp10.000 dan bersifat merata untuk sepanjang jam operasi,” ujar Mahendro.

Secara terperinci, tarif LRT pada hari kerja (Senin-Jumat) pada jam sibuk adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 km pertama dan maksimal sebesar Rp20.000. Adapun, periode waktu jam sibuk atau peak hours ditetapkan pada pukul 06.00 WIB-08.59 WIB dan mulai pukul 16.00-19.59 WIB.

Selanjutnya, tarif jam non sibuk atau off peak hours pada hari kerja dipatok Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal sebesar Rp10.000. Waktu jam non sibuk pada hari kerja ditetapkan pada awal jam operasi hingga pukul 05.59, kemudian pukul 09.00-15.59 WIB, serta pukul 20.00 hingga akhir jam operasi LRT.

Untuk tarif pada hari Sabtu, Ahad, dan libur nasional adalah sebesar Rp3.000 untuk 1 kilometer pertama dan maksimal atau terjauh Rp10.000. 

Masyarakat dapat menggunakan LRT Jabodebek dengan mudah melalui pembayaran nontunai seperti Kartu Uang Elektronik Perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta), Kartu Multi Trip KAI Commuter, Scan Qris, Link Aja, dan KAI PAY. 

(fhm)