Menhub, Kapolri dan Panglima TNI RI Apresiasi Pelayanan Mudik Lebaran 2024 saat Pemantauan di Stasiun Pasar Senen

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 07/Apr/2024 05:28 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan kunjungan dan pemantauan langsung pelayanan mudik di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (6/4/2024). 

Beberapa titik di Stasiun Pasar Senen yang menjadi objek pemantauan yaitu ruang tunggu penumpang, layanan bording dan melakukan sapa penumpang terkait pelayanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) khususnya di Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan 6 KA Tambahan di Momen Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Rombongan disambut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo beserta jajarannya di Ruang VIP Stasiun Pasar Senen.

Dalam kesempatan itu Kapolri menyampaikan apresiasinya kepada KAI atas pelayanannya kepada seluruh Masyarakat pengguna kereta api yang semakin baik dan meningkat sehingga penumpang kereta api semakin aman dan nyaman selama perjalanan, Peningkatan keamanan diperlintasan sebidang juga perlu ditingkatkan.

Baca Juga:
Penumpang KA dari Gambir dan Pasar Senen Meningkat saat Libur Panjang Waisak-Akhir Pekan

Sementara itu Panglima TNI juga menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh KAI saat pergantian shift pekerja, termasuk rekam serahterima dinasan para pekerjanya.

Menhub menyatakan bahwa pelayanan dan peningkatan keamanan perjalanan kereta api yang telah dilakukan oleh KAI tidak hanya dilakukan pada sarananya saja namun juga prasarana.

Baca Juga:
Selama Libur Akhir Pekan KAI Daop 1 Jakarta Berangkatkan 146 Ribu Lebih Penumpang

Didiek Hartantyo menjelas persiapan-persiapan yang telah dilakukan oleh KAI dalam menyambut dan melayani pelanggan kereta api (KA) yang akan mudik. Mulai dari pengecekan sarana dan prasarana KA, pelayanan di stasiun dan diatas KA serta kesiapan SDM mulai dari para pejabat di daerah sampai kepada para frontliner.

Didiek berharap perjalanan mudik yang dilakukan oleh masyarakat yang menggunakan transportasi KA dapat dilakukan dengan penuh keceriaan dan bermakna.

Daop 1 Jakarta mencatat keberangkatan Angkutan Lebaran 2024 untuk H-4 atau 6 April 2024 sebanyak 47 Ribu lebih penumpang mudik berangkat dari beberapa stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta dengan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ)yang telah disediakan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko  menyebutkan bahwa sebanyak 47.576 penumpang mudik telah berangkat dari Jakarta dengan 79 operasional KAJJ pada hari ini, Sabtu (6/4). Dari Stasiun Gambir 19.398 penumpang dengan 41 perjalanan KAJJ, Stasiun Pasar Senen 26.777 penumpang dengan 38 perjalanan KAJJ, sisanya dari beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta, yaitu Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, Cikampek, Karawang dan Cikarang.

"Berdasarkan data hari ini tanggal 6 April 2024, hari ini merupakan puncak arus mudik tertinggi, yaitu sebanyak 47 ribu lebih pemudik menggunakan jasa angkutan kereta api yang berangkat dari Jakarta. Diurutan kedua terjadi pada H-3 besok Sebanyak 46.520 calon penumpang KA yang telah melakukan pemesanan tiket,” kata Ixfan, Sabtu (6/4/2024).

Informasi Umum, selama masa Angkutan Lebaran 2024, yaitu 31 Maret s.d 21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan KAJJ dengan rata-rata 77 perjalanan KAJJ perharinya, dengan rincian 40 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan KAJJ berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

“Dari jumlah perjalanan KAJJ tersebut telah disediakan sebanyak 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata perhari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk,” terang ixfan.

Sampai dengan saat ini, Sabtu (6/4/2024) masih tersisa sebanyak 249.515 tempat duduk untuk keberangkatan H1 s.d H+10 atau 11 s.d 21 April mendatang, untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

“Bagi masyarakat yang belum memiliki tiket untuk mudik dapat memilih tanggal dan hari diluar tanggal dan hari favorit, yaitu tanggal 11 s.21 April 2024,” pungkas Ixfan. (Fhm)