Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

  • Oleh : Naomy

Minggu, 07/Apr/2024 19:21 WIB
Pelepasan mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok Pelepasan mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas keberangkatan kedua Program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Tahun 2024, sebagai bagian dari upaya mendukung kegiatan mudik masyarakat Indonesia. 

Sebelumnya, pemberangkatan pertama dilaksanakan Jumat (5/4/2024).

Baca Juga:
Mantap, Jakarta Masuk 50 Besar Kota Maritim Terkemuka Dunia

Acara  pelepasan ini dihadiri berbagai pihak, termasuk Direktur Utama PT Pelni (Persero), Direktur Utama PT Pelindo (Persero), para pejabat dan perwakilan kementerian/lembaga, serta peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut KM Dobonsolo.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya acara Pelepasan Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut Tahun 2024 di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. 

Baca Juga:
Berhasil Evakuasi Kapal MV. Layar Anggun 8, Kemenhub Diapresiasi dari Pemilik Kapal

Program ini menegaskan komitmen Kementerian Perhubungan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada masa angkutan mudik lebaran.

"Melalui program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut ini diharapkan dapat menekan kepadatan mudik dijalan yang ada serta memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memberikan dampak kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang semakin opitimistis," ujarnya.

Baca Juga:
Dukung Pembangunan Dermaga Multipurpose Pelabuhan Tanjung Wangi, Menhub Ajak Peran Swasta

Capt. Antoni menyoroti peningkatan jumlah pemudik tahun 2024, yang diprediksi mencapai 193,6 juta orang. Melalui program mudik gratis dengan kapal laut ini, diharapkan dapat mengurangi kepadatan mudik di jalan raya dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan total kuota sebanyak 4.800 sepeda motor dan 9.600 penumpang, program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut memperoleh respons positif dari masyarakat. 

Hal ini dianggap membantu menghindari risiko kecelakaan di jalan raya, sambil memberikan kesempatan kepada pemudik untuk istirahat di dalam kapal.

"Alhamdulillah persentase masyarakat yang mengikuti mudik gratis dengan kapal laut meningkat pada tahun ini," ujarnya.

Total peserta mudik gratis sepeda motor naik kapal laut keberangkatan kedua terdiri dari 947 Motor dan 2.384 Orang penumpang diantaranya 1.741 dewasa, 425 anak dan 218 balita.

"Kami berterimakasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal laut, para pemudik bisa istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang bisa melanjutkan perjalanan ke kota masing-masing," lanjutnya.

Capt. Antoni juga mengimbau para peserta mudik gratis untuk mempersiapkan diri dengan baik, mematuhi aturan keselamatan pelayaran, dan menjaga fasilitas di atas kapal.

"Dengan doa dan harapan yang tulus, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas Kapal Mudik Gratis menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, semoga seluruh penumpang dan awak kapal selalu dalam keadaan sehat dan selamat sampai tujuan," tutupnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan menyediakan empat kali keberangkatan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Keberangkatan tersebut terbagi atas dua perjalanan di arus mudik dan dua perjalanan di arus balik dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Emas, Semarang dan sebaliknya.

Keberangkatan arus mudik diadakan pada 5 dan 7 April 2024. Sementara, keberangkatan arus balik dilakukan pada 13 dan 15 April 2024. Kuota masing-masing perjalanan adalah 1.200 motor dan 2.400 penumpang. (omy)