Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan KN Chundamani P.116 Bantu Pemudik Gratis Pelabuhan Celukan Bawang ke Pulau Raas

  • Oleh : Ahmad

Senin, 08/Apr/2024 16:08 WIB
KN Chundamani P.116 mengangkut mudik gratis. Foto:istimewa/pangkalanplpperak KN Chundamani P.116 mengangkut mudik gratis. Foto:istimewa/pangkalanplpperak

Direktur KPLP Jon Kenedi

Baca Juga:
Menhub Dorong Kolaborasi pada Layanan Angkutan Laut dan Logistik Meningkat

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Jelang hari Raya Idul Fitri 1445 H, menjadi tradisi masyarakat melakukan mudik ke kampung halaman untuk bertebaran bersama keluarga. 

Hal itu membuat Pangkalan PLP Tanjung Perak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan turut membantu masyarakat yang ingin mudik secara gratis sesuai dengan tagline Kementerian Perhubungan "Mudik Ceria Penuh Makna".

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Bimtek Terkait Perekrutan Awak Kapal

Baca Juga:
Pemerintah Beri Kemudahan Operasional Kapal Wisata

Pangkalan PLP Tanjung Perak Surabaya mengerahkan Kapal Negara (KN) P.116 untuk mengantarkan pemudik dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Pulau Raas, seperti dijelaskan Devi A Mamesah sebagai Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak,"Kami tugaskan KN Chundamani P.116 yang merupakan kapal kelas 1 sebagai sarana untuk mudik gratis angkutan lebaran tahun ini. Semua sarana tesebut telah memenuhi persyaratan pelayaran dan keselamatan," jelas Devi, Senin (8/4/2024). 

Kapal tersebut mengangkut 82 penumpang di antaranya 73 dewasa, 6 anak dan 3 bayi. 

"Karena ini kapal patroli, kami juga persiapkan logistik dan tenda agar tidak kepanasan bagi pemudik dalam perjalanan," tambahnya. 

Direktur KPLP Jon Kenedi hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus melepas keberangkatan. 

Sejumlah penumpang senang dan bahagia adanya mudik gratis tersebut,"Alhamdulillah senang bisa mudik gratis tanpa perlu berdesakan terimakasih bantuan KPLP Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, semoga di tahun yang akan datang diadakan kembali,' ungkap salah satu penumpang.(ahmad)