Layani Lebih 250 Ribu Penumpang KRL Jabodetabek Sampai Siang Lebaran Ini, KAI Commuter Imbau Pengguna Jaga Keselamatan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 10/Apr/2024 18:09 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bertepatan Hari Idul Fitri 1445 H pengguna KRL Jabodetabek terpantau ramai lancar yang didominasi oleh pengguna musiman dengan membawa serta keluarga yang hendak bersilaturahmi atau sekedar mengunjungi publik area di sekitar stasiun.

Data KAI Commuter pada hari pertama lebaran ini, pergerakan pengguna mulai meningkat pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Tercatat terdapat jumlah pengguna sebanyak 250.599 orang.

Baca Juga:
Usai Libur Panjang, KAI Commuter Layani 500 Ribu Penumpang pada Awal Pekan Ini

"Terpantau pengguna tertinggi yang naik Commuter Line Jabodetabek yaitu di Stasiun Citayam dengan jumlah pengguna sebanyak 17.634 orang. Sementara itu Stasiun Bojonggede tercatat sebanyak 13.862 orang dan di Stasiun Bogor tercatat sebanyak 13.654 orang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (10/4/2024).

Dilanjutkan Anne, untuk Stasiun tujuan dengan volume penumpang terbanyak yaitu Stasiun Bogor dengan volume sebanyak 17.479 orang. Sedangkan Stasiun Tebet sebanyak 10.715 orang dan Stasiun Citayam sebanyak 8.778 orang. 

Baca Juga:
Melalui CSR, KAI Commuter Berikan Beasiswa Kepada Siswi Pemenang ISTEC 2024

"Selama masa Angkutan Lebaran hingga H-1 tercatat total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 8.131.634 orang," ungkap Anne.

Untuk menghadapi penumpang musiman, KAI Commuter menambah petugas pelayanan dan petugas posko khususnya di stasiun-stasiun ramai. KAI Commuter mengingatkan kembali anak-anak diatas tiga tahun atau tinggi badan lebih dari 90 Cm, sudah wajib membeli tiket. 

Baca Juga:
Libur Panjang Akhir Pekan, KAI Commuter Catat Telah Layani 2,5 Juta Lebih Penumpang

"Pastikan anak selalu dalam pengawasan orangtua/pendamping selama di dalam perjalanan atau di area stasiun," kata Anne.

Operasional KA Merak dan Kereta Bandara Soetta

Pada Hari Lebaran ini Rabu, (10/4) operasional pelayanan perjalanan Commuter Line Merak atau KA Merak kembali normal melayani naik dan turun penggunanya di Stasiun Krenceng dan Stasiun Merak.

KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan. Di mana sebelumnya tanggal 3-9 April 2024 dilakukan penyesuaian layanan perjalanan hanya sampai di Stasiun Cilegon.

Selama periode penyesuaian tersebut, Stasiun Cilegon melayani sebanyak 13.657 orang atau rata-rata sebanyak 1.951 orang per harinya. Tercatat volume pengguna terbanyak yang dilayani di Stasiun Cilegon yaitu sebanyak 2.404 orang pada Sabtu, 6 Aril 2024 kemarin.

Sementara itu, Stasiun Rangkasbitung sebagai stasiun pemberangkatan Commuter Line Merak mencatat volume pada periode penyesuaian tersebut (3-9/4) sebanyak 32.529 orang atau rata-rata 4.647 orang per harinya. Tercatat volume tertinggi sebanyak 5.742 orang pada Sabtu, 6 Aril 2024 kemarin.

Sementara itu, untuk volume pengguna Commuter Line Basoetta atau Kereta Bandara Soetta, sepanjang masa angkutan lebaran ini sebanyak 71.618 orang. Dengan mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan dan menambahkan 8 perjalanan pada tanggal 5-8 April dan 13-16 April diharapkan bisa sebagai transportasi pemunik menuju Bandara Soekarno Hatta.

Selain itu mulai 1 Maret 2024 kemarin, KAI Commuter melakukan ujicoba penambahan layanan pemberhentian untuk naik turun pengguna Commuter Line Basoetta di Stasiun Rawa Buaya. Sebelumnya lima stasiun (Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Basoetta) sebagai stasiun pelayanan naik-turun tiap harinya. Hal tersebut bisa menjadi alternatif pilihan masyarakat sekitar wilayah Tanggerang untuk menuju kawasan sekitar Sudirman atau sebaliknya.

"KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan. Selalu ikuti arahan petugas dan tetap waspada dan selalu menjaga keselamatan," pungkas Anne. (Fhm)