Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 12/Apr/2024 05:39 WIB
Sesditjen Perhubungan Laut saat tinjau Pelabuhan Muara Angke Sesditjen Perhubungan Laut saat tinjau Pelabuhan Muara Angke


JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Lollan Panjaitan, meninjau kesiapan sarana dan prasarana transportasi laut untuk mendukung kelancaran perjalanan masyarakat selama masa libur Lebaran 2024 di Pelabuhan Muara Angke Jakarta. 

Lollan mengungkapkan, sampai dengan 11 April 2024, jumlah total penumpang (turun dan naik) di Pelabuhan Muara Angke mengalami penurunan sebesar 14,73% dari jumlah total penumpang pada masa Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 M (1444 H). 

Baca Juga:
Kemenhub Aktif Berpendapat Saat Hadiri Sidang AMTWG 46 di Brunei Darussalam

"Sebelumnya pada tahun 2023 jumlah penumpang sebanyak 18.361 jiwa mengalami penurunan di tahun ini menjadi 15.657 jiwa," ungkapnya di Jakarta, Kamis (11/4/2024). 

Dia mengatakan, jumlah penumpang turun tertinggi adalah berasal dari Pulau Pramuka sebanyak 1.179 jiwa, sedangkan untuk jumlah penumpang naik tertinggi dengan tujuan Pulau Pari sebanyak 2.516 jiwa. 

Baca Juga:
Kemenhub Teken Perjanjian Kerja Sama dengan BKI untuk Pemeliharaan KN Kenavigasian

"Pada H+1 Lebaran ini, Pelabuhan Muara Angke telah memberangkatkan 17 Kapal Penumpang dengan total penumpang naik sebanyak 2.393 jiwa yang didominasi oleh penduduk Kepulauan Seribu dan wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Seribu" tambahnya.
 
Lollan mengapresiasi masyarakat yang telah mematuhi peraturan yang ada serta mematuhi instruksi para petugas di lapangan demi kelancaran dan kenyamanan bersama.

"Ingat, keselamatan adalah yang paling utama. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi para penumpang kapal yang telah mematuhi peraturan dan instruksi petugas sehingga hari ini saya dapat melihat para penumpang yang disiplin, tertib dan mudah diatur, " tuturnya.

Baca Juga:
315 Peserta Mudik Asyik Bersama BUMN Naik KM Labobar Berangkat dari Balikpapan ke Surabaya

Dia  juga menyambut baik sinergi dan kolaborasi antarstakeholder yang bertugas di Pelabuhan Muara Angke. 

"Dengan koordinasi yang baik antar instansi dan stakeholder, masyarakat dapat berlibur dengan nyaman dan lancar. Kami berharap situasi ini tetap aman dan terkendali hingga akhir libur lebaran usai," tutupnya. (omy)