Menhub Apresiasi Kolaborasi Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta di Tengah Angleb

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 12/Apr/2024 18:46 WIB
Dirut AP II mendampingi Menhub di Bandara Soekarno-Hatta Dirut AP II mendampingi Menhub di Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Soekarno-Hatta dalam periode angkutan lebaran (angleb), Jumat (12/4/2024). 

Menhub tiba sekitar pukul 09.30 WIB di Posko Monitoring Angkutan Lebaran yang terletak di depan Terminal 1B. Turut hadir mendampingi Menhub, yakni Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi PT Angkasa Pura Indonesia Ferry Kusnowo, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Agus Wialdi, Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti, dan Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut. 

Baca Juga:
ACI Apresiasi Komitmen Bandara Soekarno-Hatta Terhadap Aspek Keselamatan

Posko ini sendiri dibuka pada 3 - 18 April 2024 sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan terjaganya aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di tengah peak season angkutan lebaran. 

Menhub mengapresiasi para stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta yakni antara lain PT Angkasa Pura II, AirNav Indonesia, maskapai, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, TNI dan Polri, yang telah berkolaborasi dengan baik pada angkutan lebaran 2024. 

Baca Juga:
Menhub Pastikan Bandara Juanda Surabaya Siap Layani Penerbangan Jemaah Haji

“Saya mengapresiasi bahwa rekan-rekan aviasi di tengah-tengah liburan, ini bekerja sangat aktif,” tutur Menhub. 

Dia mengatakan, kelancaran lalu lintas penerbangan di tengah periode sibuk angleb ini tidak mungkin terjadi apabila tidak ada kolaborasi di antara stakeholder Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia.

Baca Juga:
Lewat Program APEX in Safety, ACI dan Bandara Soekarno-Hatta Tingkatkan Standar Keselamatan

“Ini tidak mungkin terjadi kalau tidak ada kolaborasi,” tegas Menhub.

Dia memaparkan jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada angkutan lebaran 2024 yang tertinggi sudah mencapai 1.236 penerbangan dalam satu hari, atau mendekati tahun 2019 saat belum ada pandemi yang sebanyak 1.280 penerbangan dalam satu hari. 

“Surprise-nya adalah jumlah penumpang lebih besar. Di Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) lebih besar (tingkat pemulihan/recovery rate) 101% dari 2019,” ungkap Menhub. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Agus Wialdi menuturkan, jumlah penumpang tertinggi pada periode H-7 hingga H2 (3 - 11 April 2024) ada pada puncak arus mudik 6 April 2024 yakni sebanyak 187.744 orang atau mencerminkan recovery rate 101% dibandingkan dengan puncak arus mudik 2019. 

“AP II berterima kasih atas dukungan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN, serta kolaborasi yang baik di antara seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta sehingga pelaksanaan angkutan lebaran khususnya di arus mudik berjalan baik dan lancar,” ujar Agus. 

Secara total, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 hingga H2 (3 - 11 April 2024) telah mencapai 1,37 juta penumpang atau naik 9% dibandingkan dengan periode yang sama 2023 sebanyak 1,26 juta penumpang. (omy)