Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Peserta Arus Balik Sepeda Motor Gratis dengan KM Dobonsolo Dilepas Dirlala

  • Oleh : Naomy

Minggu, 14/Apr/2024 13:04 WIB
Pelepasan peserta mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok Pelepasan peserta mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gelombang pertama arus balik pada Program Mudik Gratis Sepeda Motor 2024 oleh Kementerian Perhubungan RI dengan KM Dobonsolo milik PT PELNI (Persero) rute Semarang - Jakarta telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Ahad (14/4/2024) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto menyampaikan bahwa pelayaran berjalan dengan aman dan lancar. 

Baca Juga:
Penumpang KM Bukit Raya Asal Pontianak Tujuan Surabaya Dialihkan Naik KM Lawit

Seluruh peserta dilepas Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Hendri Ginting untuk kembali ke rumahnya masing-masing. 

Peserta arus balik kembali ke rumah di berbagai wilayah sekitar Jabodetabek menggunakan sepeda motornya.

Baca Juga:
Posko Angkutan Laut Lebaran Ditutup, Dirjen Hubla: Penumpang Naik 13,96%

 

"Saya ucapkan Minal Aidin wal Faidzin, Alhamdulillah setelah bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, para pemudik dapat kembali ke Jakarta dengan selamat. Semoga silaturahmi ini dapat semakin meningkatkan semangat kerja di tempat masing-masing," ujar Capt. Hendri.

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Dia menyampaikan, Kemenhub terus berkomitmen untuk memperbaiki layanan dan mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat agar ke depan dapat berjalan lebih baik lagi.

"Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh Kemenhub dapat terus didukung agar ke depan layanan kami lebih baik lagi," katanya.

Pihaknya bersyukur karena program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan In sya Allah akan kembali diteruskan di tahun mendatang karena selain perjalanan dengan kapal laut lebih lancar dan nyaman, juga bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

"Saya ucapkan selamat jalan kembali ke rumah masing-masing, tetap berhati-hati saat berkendara semoga sampai di rumah dengan selamat dan sehat semuanya," tutur Capt. Hendri 

Evan mengemukakan, pihaknya segera bersiap untuk melayani gelombang kedua.

"Kami memprediksi gelombang kedua akan jauh lebih ramai seperti tahun-tahun sebelumnya karena mendekati dengan akhir masa liburan," tutur Evan. 

KM Dobondolo mengangkut sebanyak 1.705 peserta dan 663 unit motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pukul 17.00 WIB, Sabtu (13/4/2024).

KM Dobonsolo akan kembali berlayar menuju Semarang sore nanti untuk melayani angkutan arus balik gelombang kedua yang diberangkatkan Senin (15/4/2034). 

"Hingga saat ini tercatat peserta terdaftar sebanyak 2.423 peserta dengan 1.008 unit sepeda motor untuk keberangkatan gelombang arus balik kedua dengan KM Dobonsolo," tutup Evan. (omy)